Wow… Tarian Lombok Utara Tampil Memukau di PKN Jakarta
Foto: Pentas tarian Lombok Utara di Taman Mini Indonesia Indah. (KanalNTB.com)

Jakarta, KanalNTB.com – Tarian dan kesenian asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) tampil memukau dalam acara Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) yang diselenggarakan pertama kali di Senayan, Jakarta pusat, Minggu (13/10). Dalam acara tersebut kabupaten termuda di NTB itu menampilkan empat tarian yang berhasil menghipnotis penonton diantaranya tarian gendang belaq, tari nyoyang, tari lang-lang dan tari peresean.

“Pesertanya itu seluruh provinsi di Indonesia. Kabupaten yang ikut itu cuma kita Lombok Utara dan Sumbawa,”ungkap Kabid Kebudayaan, Disbudpar KLU Arnowardi pada wartawan.

Menurutnya, Pekan kebudayaan ini adalah PON nya kebudayaan, PKN ini pertama kali digelar di Indonesia maka itu pihaknya mempersiapkan penampilan selama 1 bulan dengan mengikutsertakan tiga sanggar yakni sanggar Dewi Anjani, Srikandi dan Setorasih.

“Alhamdulilah penampilannya berhasil memukau pengunjung yang datang, kita pribadi pun sangat puas,” katanya.

Foto : Pentas Tarian Lombok Utara di Jakarta. (KanalNTB.com)

Dalam pementasan itu kata Arnowardi pihaknya mengemas tarian dalam proses Meidle, berdasarkan permintaan panitia.sehingga, keempat tarian yang ditampilkan Lombok Utara disuguhkan berurutan dan tidak berjeda.

“Kedepannya, kami sangat mengharapkan PKN ini menjadi event tahunan, artinya di kesempatan inilah tempat untuk silaturahmi dengan provinsi dan kabupaten/kota lain di seluruh Indonesia. Di acara ini kita juga bisa melihat ragam budaya/adat dari provinsi lain,” katanya.

“Bahkan ada salah satu seniman dari Lampung menyampaikan sangat tertarik dengan kesenian Lombok Utara . Tapi dia sedikit terheran dengan kesenian kita, dia kira apa yang kita tampilkan ini kesenian dari bali, tapi setelah kita jelaskan perbedaannya dia sangat mengagumi kesenian yang kita tampilkan,”imbuhnya.

Foto : Pentas Tarian Lombok Utara di Jakarta. (KanalNTB.com)

Selain tarian, sekarang ini pihaknya juga akan mengikuti karnaval budaya dengan tema adikdaya Nusantara, tema ini kata dia diambil karena artinya adalah kejayaan atau mencapai kejayaan. Tak hanya itu lanjut Arnowardi, Lombok Utara juga akan menampilkan Icon nya sendiri yakni putri cilinaye.

“Ini nanti akan kita kemas lengkap dengan kostumnya dan di iringi oleh gendang beleq dan seluruh kepala desa di KLU dan teman-teman dari OPD,” ungkapnys.

Ia menjelaskan, pada karnaval nanti pihaknya akan menampilkan peserta paling banyak dari provinsi lain, yakni sebanyak 110 orang. Hal ini tentu menjadi kebanggaan, karena Lombok Utara adalah satu di antara kabupaten yang diminta untuk mengisi acara tersebut.

“Jarang-jarang ada kabupaten yang ikut. Semua peserta dari provinsi dan sudah kita cek kemarin, alhamdulilah sudah valid sesuai hasil koordinasi dengan teman-teman dari Kemendikbud itu untuk menampilkan 110 orang peserta, kita yang paling banyak dan tentu Ini jadi kebanggaan kita, karena adalah satu-satunya kabupaten kota yang bisa mengisi PKN ini,”jelasnya.

Lebih lanjut Arnowardi berharap dengan adanya PKN ini, semoga menjadi contoh kedepan dalam mengemas Pekan Apresiasi Budaya (PAB) yang dimiliki Lombok Utara.

Baca Juga:

“PAB ini semula acaranya kita kemas 3 hari , kedepan kita juga akan mencari dan memberdayaan sanggar-sanggar yang ada di KLU,” tandasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here