Tiga Destinasi Wisata di KLU Ini Digelontor 8 Miliar untuk Penataan
Foto: Kepala Bidang (Kabid) Penataan Destinasi Pariwisata Disbudpar KLU I Wayan Bratayasa. (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan menggelontorkan anggaran Rp 8 miliar untuk penataan 3 destinasi wisata pada tahun 2020 mendatang. Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penataan Destinasi Pariwisata Disbudpar KLU I Wayan Bratayasa, Senin (28/10).

“Ada tiga destinasi yang akan ditata, pertama Gili Meno, kedua di Senaru, dan terakhir di Air Terjun Kertagangga,” ungkapnya.

Bratayasa mengatakan, dana Rp 8 miliar tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahunan yang nantinya diperuntukan guna penambahan sejumlah fasilitas maupun sarana di destinasi tersebut, dengan rincian anggaran Meno sebesar Rp 5 miliar, Senaru Rp 2 miliar dan Air terjun Kertagangga sebesar Rp 1 miliar.

“Untuk Gili Meno nanti akan ditaruh gazebo di danau, Senaru akan ditambah penalutan di beberapa ruas jalan menuju Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep. Khusus di Air Terjun Kertagangga akan dibangun pagar pembatas,”katanya.

“Dana ini murni dari pusat yang kita ajukan. Nanti tander sekitar bulan Maret 2020 dan target tuntasnya sebelum 31 Desember tahun depan. Kita inginnya cepat, tadi tunggu petunjuk dari pusat seperti apa,” sambungnya.

Menurut Beratayasa, dalam pembangunan sebuah destinasi wisata harus sinkron dengan kebutuhan maupun market wisatawan. Sehingga yang diharapkan dengan kehadiran destinasi tersebut ekonomi masyarakat dapat bergerak dan bisa meningkat.

Baca Juga:

“Tentu impactnya yaitu angka kemiskinan bisa menurun. Tetapi lebih daripada itu, kolaborasi antar dinas lain juga penting karena kita di Disbudpar hanya sebatas penyediaan sarana saja tak termasuk akses pendukung lain. Seperti jalan menuju ke destinasi hingga lapak-lapak dagangan,” tandasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here