Tak Jelas Kapan Berakhir, Pemda KLU Lebih Getol Mencegah dan Mengendalikan Covid-19
Foto: Pres Confres Satgas Covid 19 Lombok Utara. (KanalNTB.com)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (Pemda KLU) terus getol melakukan pencegahan dan pengendalian guna memutus mata rantai penyebaran pandemi virus corona diseases (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan KLU dr. H .L Baharudin mengatakan, pandemi virus corona yang melanda dunia ini sampai sekarang masih belum bisa diprediksi kapan akan berakhir, maka dari itu, pemerintah tetap melakukan upaya pencegahan seperti pemantauan dan pengawasan kepada pelaku perjalanan domestik maupun internasional pada pintu masuk laut, darat maupun udara.

“Kita juga rutin melakukan testing, tracking dan treatment. Selain itu kita juga terus mengkampanyekan dan menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, jaga jarak serta PHBS,” ungkapnya.

Selain itu Kata Baharudin, Pemerintah pusat juga sudah menyiapkan vaksin untuk virus corona ini dan akan dikirim pada bulan Januari. Tetapi jumlah vaksin yang akan dikirim nanti masih terbatas.

“Vaksin ini nanti akan menjadi skala prioritas, mudah-mudahan kita semua kebagian karena jumlahnya terbatas,” tukasnya.

Sementara itu lanjut Baharudin, untuk perkembangan kasus positif di KLU sampai dengan tanggal 27 Agustus ini berjumlah 49 orang terkonfirmasi positif. Namun, dari waktu ke waktu tren kesus tersebut terus menurun dengan jumlah kesembuahan pasien mencapai 76 orang, 14 orang masih di rawat (Isolasi) dan 4 orang meninggal dunia.

“Suspek mencapai 594 orang dan kontak erat sebanyak 775 orang, 54 diantaranya masih melakukan karantina secara mandiri,” tandasnya.

Dirut RSUD Tanjung, dr H Syamsul Hidayat, menegaskan, pelayanan umum maupun pasien terpapar covid-19 di RSUD terus dimaksimalkan. Dimana, RSUD menyiapkan dua ruangan isolasi yakni ruang isolasi sentral dengan kapasitas 16 bad dan ruang isolasi yang terletak di lantai dua ruang Irna 2 dengan kapasitas 23 bad.


Baca Juga:


“Untuk unit layanan karantina kami menyiapkan sekitar 81 bad,” tandasnya.


Penulis: Eza

Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here