Siap Siap ! Reses Perdana DPRD NTB Baru Dimulai, Telan Biaya Belasan Miliar
Foto: Ruang Sidang DPRD NTB. (

Mataram, KanalNTB.com – Menjadi wakil rakyat lumrah jika keseharian nya harus berpikir tentang rakyat. Mengingat pekerjaannya bersentuhan dengan kepentingan rakyat maka negara memberikannya hak budget yang cukup besar untuk setiap anggota sebagai bekal turun menyerap aspirasi dalam setiap kesempatan resesnya.

Masing masing daerah mengeluarkan anggaran yang berbeda beda bagi anggota dewannya sesuai kemampuan APBD.
Lantas berapa “bekal” untuk anggota DPRD NTB ?

Untuk skup NTB ternyata pelaksanaan reses membutuhkan biaya yang cukup besar. Berdasarkan sumber kanalntb di sekretariatan NTB masing masing anggota dibekali Rp 57 Juta per anggota. Jika ditotal jumlah Anggota dewan privinsi NTB 65 orang maka total yang dikeluarkan per sekali reses mencapai, 3,7 miliar.

“Pelaksanaan reses ini menghabiskan anggaran sama dengan tahun lalu (3,7 miliar. red), tidak ada perubahan, jumlah hari dan titik,” ungkap Sekretaris DPRD NTB, Mahdi, Senin (4/11).

Dalam setahun anggota dewan mempunyai kewajiban hingga tiga kali turun ke masyarakat. Maka dalam setahun daerah menanggung biaya biaya resesnya mencapai belasan miliar. Jumlah yang fantastis bukan untuk daerah sekecil NTB. Dengan dukungan biaya yang cukup mahal tersebut diharapkan anggota dewan dapat bekerja maksimal dan betul betul dapat menindak lanjuti apa yang menjadi persoalan masyarakat NTB.

Reses perdana anggota dewan terpilih periode 2019-2924 sejak pelantikan beberapa bulan lalu harus dilaksanakan sejak 3 sampai 10 November 2019, dan kegiatan kali ini merupakan agenda reses pertama di tahun 2019-2020.

“Ini kegiatan rutin biasa, untuk menyerap aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan program pembangunan dan diparipurnakan pada Akhir bulan ini,” jelas Mahdi.

Berdasarkan pantauan kanalntb memasuki masa reses beberapa hari terakhir, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTB di jalan Udayana nampak sepi dari kegiatan dewan.

Baca Juga:

Sejak Minggu (3/11/2019) kemarin, para wakil rakyat tengah menggelar serap aspirasi (reses) sesuai dengan daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Selanjutnya, dari hasil serap aspirasi tersebut kemudian dirumuskan di setiap fraksi. Rapat penyusunan laporannya dijadwalkan pada akhir November mendatang.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here