PUPR KLU Genjot SDM Puluhan Tukang Las dengan Pelatihan
Foto: Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR KLU, Alfian Zubair. (KANALNTB.COM)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com – Sempat ditunda lantaran pandemi covid-19 Pembangunan Kantor Bupati Lombok Utara rupanya akan dilanjutkan. Tahun ini fokus realisasi mengarah pada pemantapan design bangunan. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Lombok Utara Alfian Zubair.

Menurutnya, perencanaan design sudah dilakukan beberapa waktu sebelumnya dengan anggaran senilai Rp 200 juta. Nampak dalam design kantor bupati baru ini terdapat satu buah kubah megah dan di bagian sisinya terdapat konstruksi yang mirip sebagaimana atap masjid kuno bayan. Hal itu lantaran masjid kuno merupakan icon daripada daerah sekaligus permintaan pimpinan.

“Pak Bupati memang minta seperti masjid kuno. Kita sudah selesaikan ini dan tinggal ekspose,” ungkapnya.

Dijelaskan, ekspose akan dilakukan dalam waktu dekat dengan melibatkan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di kantor PU. Dari hasil ekspose ini nantinya akan disepakati mana-mana bagian yang mesti diubah pun ditambahkan. Mengigat, bangunan itu akan menjadi sekretariat daerah yang artinya seluruh bagian juga akan berkantor di sana.

“Pokoknya ini jadi sekretariat, sekda, bupati, wabup, kabag, dan para asisten ngantornya di sana,” jelasnya.

Kantor Bupati baru belum bisa dieksekusi tahun ini untuk pembangunannya. Karena meski sebelumnya sudah menganggarkan kurang lebih Rp 20 miliar tetapi covid-19 memaksa anggaran itu digeser sebagai operasional penanganan oleh satgas. Maka itu, diprediksi di APBD murni 2021 anggaran akan dialokasikan untuk pembangunan kantor tersebut.

“Dibutuhkan kurang lebih Rp 27 miliar untuk bangun kantor ini. Ada penambahan sekitar Rp 7 miliar dari yang sebelumnya kita usulkan,” katanya.

Terhadap Kantor DPRD Lombok Utara, saat ini pihaknya masih dalam proses melakukan perencanaan. Design gambar bangunan rencananya akan dikerjakan tahun depan pun demikian dengan pembangunannya bakal menyusul. Kendati, itu merupakan hasil daripada rapat terbatas yang disepakati oleh seluruh wakil rakyat dengan dinas beberapa waktu yang lalu.


Baca Juga:


“Dewan akan lihat dulu designnya selanjutnya akan kita bahas lagi. Tapi yang jelas fokus untuk tahun depan selesaikan kantor Bupati ini dulu,” pungkasnya.


Penulis: Eza ; Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here