Satu Napi Koruptor Lapas Mataram Terima Remisi Idul Fitri 1 Bulan
Foto: Kepala Lapas Kelas II A Mataram, Tri Saptono Sambudji. (KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Satu narapidana (napi) korupsi mendapat remisi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Satu Napi tersebut telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk mendapatkan haknya sebagai warga binaan di Lapas Klas II A Mataram.

Data yang dihimpun kanalntb.com, satu napi korupsi ini termasuk ke dalam 442 napi beragama Islam yang mendapat remisi menjelang lebaran tahun ini. 

“Satu napi korupsi ini mendapat remisi remisi 1 bulan, tidak langsung bebas. Karena sudah sesuai dengan ketentuan yaitu sudah bayar Subsider,” kata Kepala Lapas Kelas II A Mataram, Tri Saptono Sambudji kepada kanalntb.com, Selasa (4/6/2019).

Napi dengan remisi 15 hari sebanyak 136 orang, remisi satu bulan sebanyak 275 orang, remisi 45 hari sebanyak 25 orang dan remisi dua bulan sebanyak 3 orang. 

“Dari 442 napi yang mendapat remisi lebaran ini, empat diantaranya bisa langsung bebas. Karena selain mendapat remisi, mereka juga telah menjalani dua pertiga masa hukumannya dan berkelakuan baik selama menjadi warga binaan,” jelasnya. 

Remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap warga binaan pemasyarakatan. Mereka yang taat selama menjalani masa pidana, lebih disiplin, lebih produktif, dan dinamis berhak untuk mendapatkan remisi. 

Tolok ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya. Tetapi pada perilaku mereka selama menjalani pidana. 

“Alasan dapat remisi sudah sesuai ketentuan baik waktu nya dan sudah bayar subsider nya,” imbuhnya

Baca Juga:

Saat ini, warga binaan di Lapas Kls II A Mataram mencapai 669 orang khususnya beragama Islam.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here