Ratusan Koperasi di KLU Mati Suri
Foto: Kepala Dinas Diskoprindag dan UMKM KLU, Raden Nurjati. (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) UMKM Kabupaten Lombok Utara (KLU) mencatat dari 160 koperasi yang ada di daerah tersebut hanya 49 koperasi yang rutin melakukan Rapat Akhir Tahun (RAT). Artinya, ada sekitar 111 koperasi disinyalir mati suri atau tidak eksis.

“Ada 160 an koperasi kita punya di KLU, tetapi dari jumlah itu hanya 49 yang kita lihat masih eksis,” kata Kepala Dinas Diskoprindag dan UMKM KLU, Raden Nurjati kepada wartawan, Senin (30/12).

Menurut Nurjati, eksistensi sebuh koperasi kata dia, ia lihat dari seberapa rutin koperasi tersebut melakukan RAT. Sebab, jika RAT tersebut tidak dilakukan setiap tahunnya itu artinya koperasi tersebut tidak berani mempertanggungjawabkan keberadaannya.

“Kalau dia tidak (RAT) berarti dia tidak berani mempertanggungjawabkan, nah yang 49 inilah yang kita lihat rutin lakukan itu,” ujarnya

Mantan Kepala BPKAD KLU menuturkan, selalu mengimbau kepada koperasi-koperasi yang tidak melakukan RAT ini. Karena, RAT bertujuan untuk menjernihkan pemikiran dalam koperasi tersebut serta menyelesaikan kendala maupun masalah yang ada di tubuh koperasi tersebut.

“Seperti di Gondang dan Tanjung, mereka berani melakukan RAT sehingga persoalan di internal mereka bisa clear,” terangnya.

Nurjati menilai, salah satu koperasi yang ia anggap sangat eksis yakni Koperasi Karya Bahari (KKB). Koperasi yang menangani transportasi perhubungan laut ini ia nilai sangat suskes dari segi permodalan.

“Ada saja masalah internal dan eksternalnya, tapi berhasil ditangani. Saya rasa yang bagus itu KKB pengelolaannya juga bagus dan berhasil besar,” sambung Nurjati.

Baca Juga:

Lebih lanjut, Nurjati mengungkapkan, membentuk sebuah koperasi tentu tidaklah gampang. Ada hal-hal atau syarat yang harus dipenuhi seperti memiliki akta notaris, pengurus, modal, hingga anggota.

“Kalau semua terpenuhi, bisa dibentuk koperasi,” tandasnya

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here