Rampung, Chevron Serahterimakan Pustu Plus Pertama di NTB
Foto: Bantuan Pustu dari Chevron di Lombok Utara. (KanalNTB.com/eza)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com – Pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berlokasi di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) akhirnya rampung. Serah terima dilakukan langsung manajemen Chevron Wahyu Budiarto selaku Sr. VP Corporate Affairs PT. Chevron Pacific Indonesia kepada Bupati KLU Dr H Najmul Akhyar SH,.MH,.melalui sambungan virtual, Senin (27/7).

Wahyu mengatakan, pembangunan “Pustu Plus” kali ini berbeda dibandingkan fasilitas pustu pada umumnya, dimana, Pustu Plus ini menyediakan layanan perawat, bidan, dan dokter di bawah satu atap.

“Pembangunan Pustu Plus tersebut dalam rangka bantuan rekonstruksi pasca benca gempa bumi di Lombok pada 2018 lalu,”katanya.

Wahyu menjelaskan, pembangunan kembali fasilitas kesehatan dan penyediaan peralatan pendukung dibiayai dari sumbangan karyawan dan perusahaan Chevron. Chevron lanjut Wahyu adalah sebuah perusahaan energi asal AS yang menjadi salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia dalam kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. Chevron menggandeng Dompet Dhuafa (DD) sebagai mitra pelaksana kegiatan rekonstruksi tersebut.

“Bangunan ini lahir dari rasa empati dan kepedulian karyawan dan Perusahaan kami kepada saudara-saudara kita di NTB, khususnya di Kabupaten Lombok Utara, menyusul bencana gempa bumi yang terjadi pada 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati KLU yang diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah Raden Nurjati menyampaikan, pemeritah Lombok Utara sangat berterima kasih kepada karyawan dan Perusahaan Chevron serta Dompet Dhuafa yang telah membangunkan sebuah fasilitas kesehatan yang sangat luar biasa bagi masyarakat.

Pasca gempa lalu Kata Nurjati banyak kantor pemerintahan yang belum dibangun kembali, namun Pustu Medana bisa dengan cepat dibangun oleh Chevron. Maka dari itu, dengan berdirinya Pustu Plus di KLU pihaknya berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarat karena seperti dilihat sekarang bangunan ini, lebih nyaman, sehingga pasien yang datang bisa lebih cepat sembuh.

“Dengan fasilitas yang disediakan ini pemeriksaan dapat dilakukan sedini mungkin dan juga kita berharap bisa bekerja sama kembali pada sektor-sektor lainnya di KLU karena masih banyak merasa kekurangan pasca bencana,”ujatnya.


Baca Juga:


Selain bantuan Pustu ini, Chevron juga menyalurkan bantuan ke Lombok pada masa tanggap darurat bencana gempa bumi pada 2018 lalu. Bantuan disalurkan melalui lembaga nirlaba internasional Mercy Corps dan Save the Children. Bersama perusahaan-perusahaan migas lainnya, Chevron juga menyalurkan bantuan obat-obatan, tim medis, dan bahan makanan di bawah koordinasi SKK Migas.


Penulis: Eza ; Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here