PUPR KLU Klaim Progres Pembangunan Jalan Gili Air Capai 60 Persen
Foto: Jalan di gili Air saat diperbaiki. (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengklaim progres penataan jalan di Dusun Gili Air Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang saat ini sudah mencapai 60 persen. Pembangunan jalan dengan menggunakan paving block tersebut, diperkirakan akan tuntas sebelum 15 Desember 2019 mendatang.

“Masih jalan sampai sekarang dan akan tuntas sebelum Desember. Makanya kita terus monitor di lapangan. Progresnya sekarang sudah sampai 60 persen,” ungkap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Lombok Utara, Alfian Zubair Senin (18/11).

Menurutnya, jalan di Gili Air yang sedang dibangun ini memiliki panjang 1 kilometer dengan biaya sekitar Rp 2,5 miliar yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) pemerintah pusat. Untuk Pengerjaan sendiri, jika dilihat secara konsep akan sama dengan pembangunan jalan yang berada di Gili Trawangan.

“Sama persis yang ada di Trawangan. Tahun depan baru kita ajukan untuk yang Gili Meno,” katanya.

Jalan tersebut akan terbentang selebar 6 meter yang dibagi 3 jalur. Ada jalur untuk pejalan kaki bagi para wisatawan, jalur untuk sepeda, dan jalur bagi transportasi satu-satunya di pulau yaitu Cidomo. Hanya saja, dari perencanaan awal sepanjang 5 kilometer jalan di Gili Trawangan maupun Gili Air dirasa masih kurang.

“Totalnya 5 kilometer, tapi masih 1 kilometer yang kita sisir tempat ramai dulu. Akhir September kemarin dari Dirjen Cipta Karya langsung turun hadir. Dan beliau katakan nanti akan langsung dilanjutkan,” jelasnya.

Menyangkut jalan yang ada didalam pihaknya mengatakan akan bersinergi dengan desa. Sebab diketahui jalan desa yang ada di pulau kerap tergenang air manakala musim hujan datang. Maka dari itu, bukan tidak mungkin jalan di desa juga akan dibangun namun menunggu waktu yang tepat.

Baca Juga:

“Ada ADD di sana masuk dan kita bersinergilah. Karena tahun depan kita kerjakan Gili Meno. Ya nanti akan dibangun,” pungkasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here