Pilkada Mataram, Pengamat: Calon Harus Adu Gagasan Bukan Trah Politik
Foto: Infografis Trah Politik Pilwalkot Mataram 2020. (KanalNTB)

MATARAM, KanalNTB.com — Pilkada di NTB tak lepas juga dengan warna trah Politik sebagian calon. Faktor trah politik benar benar menjadi salah satu “aset” yang diandalkan bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi partai pendukung dan masyarakat yang memberi dukungan kepada calon terten Soal trah politik di Pilkada 2020 kerap menjadi perbincangan bahkan sebagian orang mencoba berspekulasi dengan mempolarisasi trah para bapaslon. Sebut saja misalnya trah Ahyar Abduh, trah H. Moh Ruslan (alm.), trah TGB, dan lain lain kemudian dihubungkan dengan potensi kemenangan bapaslon.

Pengamat Politik UIN, Agus.M.Si melihat fenomena trah sebagai “senjata” yang sangat tidak mendidik. seharusnya calon melakukan adu gagasan bukan adu trah.

“Saya berpandangan spekulasi yang demikian selain tidak mendidik juga memposisikan masyarakat hanya sebagai subjek demokrasi yang diekploitasi oleh elit.
Saya justru melihat masyarakat terlebih di Mataram sudah mulai melek politik karena mereka sudah memiliki pengalaman sangat banyak dalam pemilihan,” terangnya.

Ia berharap kepada bapaslon untuk mengadu gagasan bukan mengadu trah. Sebagai objek demokrasi yang diekploitasi elit.

Dia juga menjelaskan terlalu dini menebak potensi kemenangan atau kekalahan bapaslon dalam pilkada yang saat ini. Karena tahapannya masih proses pencalonan maka mereka belum menjadi paslon karena belum ditetapkan KPU.

“Menurut saya election atau Pemilu itu sebuah kontestasi gagasan untuk mendapat simpati dan dukungan pemilih. Hingga saat ini bapaslon belum sempat adu gagasan karena kemarin mereka masih sibuk dalam proses di partai,” tandasnya.

Bakal calon akan mengadu gagasan setelah KPU menetapkan paslon menjadi calon.


Baca Juga:


“Setelah mereka mengadu gagasan saya yakin pemilih akan memiliki bayangan siapa yang akan mereka pilih nanti,” tegasnya.


Penulis: Punk

Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here