Permudah Akses Masyarakat, Dinas PUPR Lombok Utara Buka Jalan Alternatif di Tanjung
Foto: Jalan Alternatif di Tanjung. (dok)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Utara mulai membuat ruas jalan alternatif di Kecamatan Tanjung. Jalan yang dibuka yaitu disamping Pasar UMKM Tanjung yang mengarah ke Desa Sokong. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas PUPR Lombok Utara,, Kahar Rizal, Senin (26/10).

Menurutnya, jalan tersebut dibuka sejatinya guna memudahkan akses masyarakat. Hal ini selain untuk kebutuhan transportasi juga dianggap sebagai jalan alternatif. Mengingat jalan di ibu kota kabupaten termuda di Provinsi NTB ini terlalu minim, belum lagi jika terdapat kemacetan sehingga opsi-opsi bagi para pengendara juga tidak banyak.

“Karena kita perlu jaringan jalan kita lihat sendiri jaringan jalan di Lombok Utara sedikit, selama ini kita hanya mengandalkan jalan nasional saja,” ungkapnya.

Dijelaskan, bahwa jalan yang dibuka tidak terlalu panjang yaitu hanya 200 meter saja kendati dirasa memudahkan warga yang berada di Desa Sokong menuju Pasar Tanjung khususnya, tidak harus memutar terlalu jauh. Pengerjaan yang dirasa sudah rampung inipun tak menelan biaya cukup besar di dalam APBD tahun 2020 Dinas PUPR hanya menganggarkan senilai Rp 400 juta.

“200 meter saja dengan anggaran Rp 400 juta kita rencanakan jalan itu menghubungkan antar dusun dan desa. Pengerjaannya sudah 90 persen ke atas ya sudah jadi,” jelasnya.

Perihal pembangunannya sendiri tercatat dikerjakan belum lama ini di lahan milik pemerintah daerah. Padahal, diketahui jika di lokasi serupa akan menjadi mega proyek Plaza kendati menurutnya itu bukan menjadi perkara justru semakin bagus. Pasalnya, pihaknya membuka jalan di sebelah kanan sehingga pembangunan Plaza yang akan digadang-gadang itu terealisasi, dianggap tidak akan menganggu operasional.

“Tidak akan mengganggu kita bangun jauh kok, jadi itu juga akan memudahkan masyarakat yang punya lahan di sekitar lokasi tanahnya akan naik,” katanya.

Untuk sejumlah jalan lainnya, Dinas PUPR juga tengah melakukan progres tercatat dari anggaran DAK Afirmasi ada lima paket yang sedang berjalan. Namun progresnya sudah cukup bagus dengan persentase 90 persen lebih. Jalan yang dibangun diantaranya, di Kecamatan Gangga, ruas jalan Torean, Getak Demung menuju Paok Rempek dan masih banyak lagi.

“Yang DAK Afirmasi sudah mulai, untuk khusus di APBD sendiri nilainya sampai Rp 3,7 miliar,” pungkasnya.


Penulis: Eza

Editor:hmm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here