Percepatan Pendidikan Pascagempa KLU, Muhammadiyah Jatim Bangun Gedung Dakwah Rp 1,3 M
Foto: Johan Syamsu (kiri) dengan Salah satu Pengurus Muhammadiyah Jatim (kanan). (ist)

LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – PWM Muhammadiyah Jawa Timur memberi bantuan berupa gedung pendidikan dakwah senilai Rp 1,3 miliar di dusun Lekok, desa Gondang, kecamatan Gangga, Jumat (5/7).

PWM Jawa Timur, Ir. Tamhid Mashudi, di sela-sela meresmikan bantuan gedung dakwah tersebut mengungkapkan, kehadiran PWM dan PDM Muhammadiyah Jawa Timur bukan semata bencana. Tetapi menjadikan bencana sebagai berkah yang menjalin silaturrahmi antar pengurus Muhammadiyah daerah maupun antar umat.

“Bidang pendidikan memang tugas pemerintah, tetapi Muhammadiyah tidak pernah berhenti membero sumbangsih untuk mencerdaskan bangsa,” katanya.

Selain memberikan bantuan gedung dakwah, PWM Jawa Timur juga mengalokasikan ratusan unit rumah huntara kepada warga korban gempa.

“Kami mengajak untuk menghadapi bencana dengan optimis. Bencana menimbulkan sikap kebersamaan, nasionalisme. Kebetulan PDM KLU sebagai pusat kegiatan filantropi Muhammadiyah, sehingga kita harapkan recovery pascagempa bisa lebih cepat,” ujarnya.

Pada momen serah terima gedung dakwah itu hadir pula pengurus Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya, sekaligus Bendahara Wilayah PWM Jatim, Prof. Supodinono, Ketum PWM NTB, Ust. Falahudin, S.Ag., Ketua PDM KLU, H. Djohan Sjamsu, pengurus LAZISMU berbagai daerah, pengurus MDMC, serta masyarakat.

Supodinono menjelaskan, nominal bantuan yang dialokasikan ke Lombok Utara pascagempa sebesar Rp 4,5 miliar. Sumber dana dihimpun dari donatur baik Universitas Muhammadiyah Surabaya, LAZISMU dan lembaga mitra. Selain bantuan itu, Supodinono juga menyalurkan sebesar Rp 50 juta, masing-masing Rp 25 juta dari UMS dan Rp 25 juta dari LAZISMU untuk meubeler gedung dakwah.

“Untuk pemberdayaan kita bersinergi dengan PWM Jatim dan NTB, program apa yang bisa disinergikan. Termasuk UMS akan bantu pengembangan amal usaha pendidikan di KLU khususnya. Karena kami juga punya prodi pendidikan PAUD, termasuk beasiswa guru TK. UMS adalah salah satu lembaga yang dipercaya sebagai center pendidikan guru PAUD di Jawa Timur,” jelasnya.

Sementara itu, H. Djohan Sjamsu, sangat berterima kasih terhadap bantuan tersebut, sebab masyarakat KLU banyak dibantu oleh Pengurus Muhammadiyah di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:

“Sebagai sebuah amanat, maka kami akan memanfaatkan bantuan secara maksimal. Kami akan mengisi gedung dakwah dengan pengajian mingguan. Mendatangkan penceramah tokoh agama, dan pengajian untuk anak-anak,” tandasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here