Perayaan Lebaran Topat, Plt Sekda NTB Eva Parangan Wakili Gubernur Hadiri Undangan Bupati Lobar
Foto: Bupati Lombok Barat Faozan Khalid (kanan), Plt Sekda NTB Baiq Eva Parangan. (dua kanan). (KANALNTB.COM)

LOMBOK BARAT, KANALNTB.COM – Gubernur NTB yang diwakili Plt. Sekda Prov NTB Dra.Hj.Baiq Eva N.N. Parangan,M.Si. memenuhi undangan Bupati Lombok Barat Moh Fauzan Khalid, M.Si pada Peringatan Lebaran Topat di Pantai Duduk Batulayar, Rabu (12/06).

Bupati Lombok Barat dalam sambutannya, menyebut lebaran Topat merupakan tradisi yang telah berkembang sejak lama. Dia berkeyakinan tradisi ini merupakan hasil konvergensi peradaban antara kesalehan spiritual agama yang sangat sakral dengan kehidupan alamiah kita yang profane. Itu mengapa dalam proses difusi kebudayaan, kita menemukan bahwa Lebaran Topat memiliki kemiripan dengan tradisi Islam yang berkembang di kawasan lain di Nusantara. Hal tersebut tidak lepas dari perspektif kita yang sama bahwa hidup kita tidak lepas dari konfigurasi hubungan antara manusia-alam-Tuhan.

“Lebaran Topat di sini atau grebeg Sawwal di daerah lain sama-sama menjadi eksternalisasi nilai luhur dari perspektif konfigurasi tersebut. Itu menjadi energi utama yang mengharmonisasikan hubungan kita selaku manusia sebagai mikrokosmos dan alam semesta sebagai makrokosmos, dengan Tuhan sebagai Maha Penghimpun Kosmos.” kata Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

Selain itu, Pasca gempa, Pemilu, dan hari ini masih terkendala dengan mahalnya biaya transportasi udara, Lombok masih didera kesulitan untuk membangkitkan ritme pariwisata sebagai salah satu destinasi primadona seperti dua tahun lalu.

Baca Juga:

“Saya berharap, Lebaran ini menjadi momentum kebangkitan semangat kita menghidupkan kepariwisataan kita. Untuk itu, saya berharap jajaran Pemkab Lombok Barat tetap menjalin kerja sama yang baik dengan stakeholders pariwisata yang ada di Lombok dan daerah lain, bahkan dengan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here