Pemilu Serentak di NTB, 1 Petugas KPPS Meninggal 1 Keguguran
Foto: Ketua KPU NTB, suhardi Soud. (KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nusa Tenggara Barat (NTB) Suhardi Soud mengatakan proses pemilihan umum (pemilu) di NTB secara umum berlangsung dengan baik. Suhardi menyebutkan, seluruh pemungutan suara di 15.989 TPS yang ada di NTB dilakukan pada, Rabu (17/4) dan tidak ada yang mengalami penundaan.

“Secara umum pemungutan suara berjalan baik dan antusias warga sangat tinggi, kami prediksi partisipasi mencapai 77,5 persen insyaAllah akan melampaui,” ujar Suhardi di Mataram, NTB, Kamis (18/4).

Berdasarkan pemantauan di lapangan, Suhardi mengapresiasi antusias warga dalam menggunakan hak pilihnya. KPUD NTB berkomitmen menjaga suara warga, mulai dari TPS hingga rekapitulasi.

“Mari kita hargai seluruh proses ini dan apapun hasilnya nanti sama-sama kita hormati,” kata Suhardi.

Meski secara umum proses pemilu di NTB berjalan baik, Suhardi memberikan sejumlah catatan dari evaluasi yang dibuat KPUD NTB. Suhardi menjelaskan ada beberapa TPS yang harus melakukan pemungutan suara ulang (PSU) meliputi tiga TPS di Kabupaten Lombok Utara dan satu TPS di Lombok Tengah.

Di Kabupaten Lombok Timur, terdapat satu TPS yang harus dilakukan penghitungan suara ulang lantaran terdapat kesalahpahaman dalam menghitung raihan suara parpol dan caleg. Suhardi menambahkan, KPUD NTB juga sedang menganalisis satu TPS di Dompu dan satu TPS di Lombok Barat, di mana terdapat 15 warga luar Lombok Barat melakukan pencoblosan dengan hanya menggunakan KTP.

“PSU diberikan waktu paling telat 10 hari setelah 17 April, hari ini sedang konsolidasi dengan KPUD kabupaten/kota, memastikan kapan pelaksanaan PSU,” ucap Suhardi.

Baca Juga:

Suhardi menambahkan, logistik untuk penyelenggaraan PSU sudah tersedia di KPUD NTB. Apabila terdapat kekurangan logistik, KPUD NTB akan berkomunikasi dengan KPU RI untuk mengirim tambahan logistik. (dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here