Pemkab Lotim Targetkan Penurunan Kemiskinan 14 Persen Lima Tahun Kedepan
Foto: Wabup Lotim H Rumaksi saat memberikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan anak berprestasi. (kanalntb.com)

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim), menghadiri acara Jambore Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) Lotim. Jambore ini, dirangkai dengan Bakti Sosial (Baksos) 2019, di Kebun Raya Lemor, Kecamatan Suela Lotim, Senin (18/2). Jambore SDM PKH dan Baksos ini, mengambil tema “Bersatu kita kuat, wujudkan generasi yang sehat, cerdas, mandiri dan Sejahtera”.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimcam, Camat Suela, OPD terkait, Pendamping PKH, Keluarga Penerima Manfaat dan tamu undangan lainnya.

Wabup Lotim, H. Rumaksi SJ, SH dalam sambutannya menyampaikan, PKH merupakan upaya memberi perlindungan sosial bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM). Ini merupakan bagian dari strategi penanggulangan kemiskinan, dengan memberi bantuan dana tunai bersyarat. Pendampingan yang dilakukan pada PKH, berupa verifikasi dan validasi pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), terutama dalam meningkatkan kualitas hidup dibidang pendidikan, kesehatan serta lansia, dinilai berjalan epektif. Terutama jika melihat dampak terhadap penanggulangan kemiskinan. Untuk itulah saat ini Lombok Timur memiliki tanggung jawab besar untuk penurunan angka kemiskinan karena jika angka kemiskinan berada di titik terendah maka akan semakin sulit untuk menanggulangi kerak kemiskinan ini.

Namun demikian pemerintah tetap optimis masih dapat menurunkan angka tersebut.

“Karena itu pada rancangan RPJMD (2018-2023) Pemerintah menargetkan penurunan angka kemiskinan menjadi 14 persen dalam lima tahun ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga:

Untuk itu ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh pendamping SDM PKH, atas sumbangsihnya sebagai pekerja sosial, dalam memberdayakan masyarakat agar mandiri. Kedepan ia berharap saudara-saudara lebih giat bekerja, dan sungguh-sungguh dalam melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan, agar tepat sasaran.

Diakhir sambutannya, Rumaksi berpesan pada masyarakat, untuk turut berperan aktif melawan kemiskinan, melalui peningkatan kualitas hidup. Baik dibidang kesehatan dan pendidikan. Sehingga, dapat menjadi masyarakat mandiri seperti yang kita harapkan.

Sebelumnya sambutan Kepala Dinas Sosial (Disos) Lotim, H. Mawan, S. Pd mengatakan, peran aktif SDM PKH tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Terutama pemerintah pusat, pemprov, pemda, masyarakat dan swasta yang peduli.

Dan juga tidak kalah pentingnya, adalah dukungan sesama SDM PKH yang saling bahu membahu, dalam mengawal program dan masyarakat yang membutuhkan bantuan serta dorongan, agar dapat segera tumbuh berkembang dari kondisi yang kurang menguntungkan, menjadi masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

Dengan diadakan jombore SDM PHK ini, dapat mewujudkan tujuan sosial kemanusiaan dan meningkatkan jalinan silaturrahmi antar sesama SDM PKH dan masyarakat.

Pada kesempatan itu diakhir kegiatan, Wabup didampingi Kepala Disos Lotim, menyerahkan secara simbolis BUTAB dan KKS PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan anak berprestasi.

Jambore SDM PKH ini, juga dimeriahkan dengan kegiatan pameran hasil kerajinan KPM binaan dari SDM PKH, pemberian sembako, penanaman 1000 bibit pohon, senam jantung sehat, pengobatan gratis dan donor darah. (dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here