Pemda KLU Optimis Selesaikan Data Refocussing Tahap 2
Foto: Kepala BPKAD Lombok Utara Sahabudin (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) optimis akan menyelesaikan data refocussing anggaran tahap dua yang kemudian akan dikirim ke kementerian keuangan (Kemenku). Demikian disampaikan Kepala BPKAD Lombok Utara Sahabudin, kepada wartawan, Kamis (14/5).

“Insha Allah Senin depan datanya sudah selesai dan bisa dikirim ke Kemenku,”ungkapnya.

Menurutnya, sesuai dengan siaran pers yang sudah disampaikan oleh kementerian keuangan (Kemenkeu), jika daerah tidak bisa mencukupi refocussing anggaran sebanyak 50 persen, maka pusat akan memberikan toleransi sebesar 35 persen.

“Sanksi tahap pertama sudah, jika tahap kedua ini tidak memenuhi syarat lagi ya di kenakan sanksi lagi,”ujarnya.

“Deadlinenya ini sampai tanggal 23 ini kalau bisa terpenuhi Senin depan sudah bisa ditransfer dananya,” sambungnya.

Mantan Kadis Dukcapil KLU itu mengatakan, untuk memenuhi syarat refocussing sebesar 35 persen tersebut, pihaknya akan menyisir sejumlah anggaran di DPRD Lombok Utara. Dari dana tersebut kata Sahabudin pemda berhasil mengumpulkan sebanyak 30 persen.

“Kita berharap semua itu bisa tercukupi lah sekitar 30 persen dan 5 persennya lagi kita akan sasar uang perjalanan dalam daerah dan makan minum di semua OPD,” katanya.

Sementara itu, terkait pemangkasan kerjasama media, lanjut Sahabudin pihaknya tidak tahu persis, tapi itu kebijakan di masing-masing OPD.

“Kita berharap sih kalau untuk media jangan dipangkas lah,”tegasnya.

Lebih lanjut Sahabudin menuturkan, guna menyelesaikan data refocussing tukas Sahabudian pemangkasan di masing-masing OPD sudah tergambar dan pihaknya berharap Senin depan semua laporan refocussing tahap kedua ini sudah bisa dilaporkan ke pusat.


Baca Juga:


“Memang banyak kabupaten/kota yang sudah menyerahkan data ke pusat namun dari semua itu yang memenuhi syarat untuk ditransferkan dana ada sekitar 100 kabupaten/kota lebih,” pungkasnya.


Penulis: Eza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here