Muzihir Lebih Setuju Ide Baihaqi daripada Irzani Soal Sampah
Foto: Wakil Ketua DPW PPP NTB H Muzihir (kiri), Balon Walikota Mataram H Baihaqi (tengah), Irzani (kanan). (KanalNTB.com)

Mataram, KanalNTB.com – Wakil Ketua DPW PPP NTB H Muzihir menilai mimpi Bakal Calon Wakil Walikota Mataram H Irzani soal sampah membuat TPS bersuasana mall sulit direalisasikan namun Ide Bakal Calon Wakil Walikota Mataram H Baihaqi dengan menempatkan TPS di depan pusat pemerintahan seperti di depan Kantor Walikota dan Kantor DPRD yang menurutnya sangat bagus.

“Saya melihat membangun TPA sampah seperti mall sulit dilakukan, tapi menempatkan TPS di depan Kantor Walikota dan DPRD sangat setuju saya,” ungkap Wakil Ketua DPRD NTB ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/01).

Sebelumnya dalam berita KanalNTB berjudul “Baihaqi : Tempatkan TPS di depan Kantor Walikota dan DPRD sebagai Contoh”

Bakal Calon Wakil Walikota Mataram, H Baihaqi mempunyai beberapa gagasan lain soal penanganan sampah di kota Mataram kedepan. Menurutnya agar prilaku masyarakat berubah tentang sampah di kota Mataram, ia akan menempatkan TPS di pusat pusat pemerintahan seperti di depan Kantor Walikota dan DPRD. Hal ini disampaikannya dalam Rapat Pleno Diperluas DPD II Partai Golkar, Pemaparan visi dan misi calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram, Sabtu (11/01) di Mataram.

“Ini kan gagasan, kita boleh mempunyai inovasi-inovasi seperti itu artinya apa ini ada pola perilaku yang akan dirubah,” jelasnya beralasan.

Jadi solusinya adalah bagaimana membudayakan masyarakat sadar tentang kebersihan dari sampah sehingga ini persoalan mindset bukan tanpa asal-asalan

“Kita melihat contoh sekarang perumahan- perumahan mewah di beberapa kota besar itu menempatkan posisi tempat pembuangan sementara sampah itu di depan rumah, ini kan saya mempertanyakan apakah ini kemungkinan bisa kita lakukan, bisa !,” tegasnya.

Alasan menaruh TPS tempat di depan Kantor Walikota dan DPRD dalam rangka merubah mindset bahwa di depan pusat pemerintahan bisa jadi contoh.

“DPR dan walikota itu kan kantor utama sehingga itu bisa berhasil tentu akan menjadi pilot project untuk kita bisa merubah perilaku budaya masyarakat dalam menangani sampah. Paling tidak orang yang beraktivitas di gedung kantor pusat minimal dari sana bisa menjadi contoh sehingga masyarakat secara umum akan mengikuti, karena ini kan persoalan perilaku,” terangnya.

Sementara dalam berita KanalNTB berjudul” Irzani Mimpi Bangun TPA Sampah Bersuasana Mall”
H Irzani, salah satu bakal calon wakil walikota kota Mataram mengeluarkan ide yang tak diduga duga. Ia memiliki mimpi jika ditakdirkan memimpin kota Mataram kedepan ia hendak membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah bersuasana mirip Mall.

Hal itu disampaikan kader NW tersebut di acara Penyampaian Visi Misi bakal calon walikota wakil walikota Mataram partai Golkar, Sabtu (11/1).

Menurutnya kota Mataram harus memiliki lahan TPA sendiri untuk menuntaskan persoalan sampah. Dengan PAD yang dimiliki kota Mataram yang nyaris sentuh 340 M mimpinya itu bisa saja diwujudkan dengan syarat harus diupayakan serius.
Menurutnya masalah sampah di ibukota NTB ini adalah persoalan serius yang harus ditangani dengan serius. Selain mengupayakan lahan TPA sendiri penanganan sampah menurutnya akan dimulai dari lingkungan. Setiap lingkungan akan diberikan anggaran 200 juta agar seluruh persoalan lingkungan teratasi termasuk soal sampah.

Menurutnya persoalan sampah tak selesai karena petugas baru memindahkan sampah bukan mengolahnya. “Dari data yang saya dapatkan 400 ton sampah yang dihasilkan setiap hari yang dipindahkan baru 65 persen masih tersisa 35 persen,” ungkapnya.

Baca Juga:

Gerakan sampah harus dimulai dari rumah tangga. Ketika diangkut sudah dipilah untuk siap diolah. Yang terjadi selama ini sampah tetap menumpuk karena pemilahan tidak berjalan.
Ia pun ingin memacu mengatasi persoalan sampah ini dengan anggaran yang lebih besar yang dimulai dari lingkungan. Jika ini bisa berjalan ia yakin dalam 500 hari kerja persoalan sampah sudah bisa tuntas.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here