Mentor Buka Wawasan Ratusan Calon Pensiunan ASN KLU dengan Pelatihan Wirausaha
Foto: Bupati KLU Najmul Akhyar membuka pelatihan wirausaha ASN. (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com -Sebanyak 105 calon pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan Lombok Utara (KLU) diberi pelatihan kewirausahaan oleh Bank Mandiri Taspen (Mantap) Mataram, Selasa (29/10). Pelatihan yang dipusatkan di aula bupati KLU bertujuan agar pasca pensiun nanti para abdi negara ini mempunyai aktifitas positif yang bisa menambah penghasilan.

“Pelatihan ini untuk menambah wawasan para ASN yang nantinya akan pensiun. disisi lain, dengan adanya pelatihan ini supaya menggantikan aktifitas rutin yang semula di lakukan agar tetap menghasilkan,” ungkap Kepala Kantor Cabang Taspen Mataram , Tribuna Pitra Jaya kepada wartwan usai memberikan pelatihan.

Pitra mengatakan, dengan mengikuti pelatihan ini para ASN juga memiliki keuntungan, agar menjelang pensiun nanti mereka sudah memiliki rencana kedepannya dan bisa menikmati masa pensiun.

“Bank mantap telah mendatangkan mentor-mentor yang terbaik yang nanti akan membuka wawasan mereka untuk berwirausaha,” katanya.

“Intinya lebih kepada kesejahteraan mereka ketika sudah pensiun, paling tidak ada pengganti penghasilan mereka ketika pensiun,”imbuhnya.

Pitra menjelaskan, pada kesempatan ini banyak wirausaha yang diberikan antara lain bagaimana cara menanam sayuran dan tumbuhan dengan metode tanam hidroponik, penggemukan sapi, berternak bebek baik itu pedaging maupun petelur, usaha kopi dan juga rencananya akan diberikan wirausaha lainnya sesuai kebutuhan mereka.

“Kegiatan ini tidak dilakukan sekali ini saja, ini akan dilakuakn secara berkelanjutan sesuai permintaan pak Bupati KLU, H Najmul Akhyar,”jelasnya.

Menurutnya, potensi yang ada di KLU ini masih banyak yang bisa digali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.maka dari itu, ia berharap kepada ASN yang bakal pensiun ini agar bisa menciptakan wirausaha baru sesuai kebutuhan pasar.

“Ini merupakan misinya Pak Bupati untuk mensukseskan ide Pak Jokowi yang berkaitan dengan kewirausahaan khusus untuk ASN yang mau pensiun,”terangnya.

Sementara itu Bupati KLU Dr H Najmul Akhyar SH,.MH., mengatakan, berbicara pensiun, banyak yang menganggap pensiun itu sebagai masalah, sehingga sering dihadapi dengan kecemasan bahkan ketakutan. Dengan adanya pelatihan ini kata Najmul pihaknya berharap bisa menjadi peluang untuk melakukan lebih banyak lagi kegiatan lain untuk menambah penghasilan.

Baca Juga:

“Pokonya jangan menganggap pensiun itu adalah masalah tetapi anggaplah hal tersebut sebagai hal yang positif dan solusi untuk melakukan banyak hal,” tandasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here