Lowongan jadi Panwascam Kurang Peminat di Tujuh Kecamatan Ini. Bawaslu Selidik Alasannya
Foto: Komisioi Bawaslu NTB, Itratip. (KanalNTB.com)

Mataram, KanalNTB.com – Belum lama ini Bawaslu NTB membuka perekrutan untuk menjadi tenaga pengawas pemilu kecamatan (Panwascam). Dan untuk setiap kecamatan dibutuhkan masing masing tiga orang pengawas. Namun hingga kini masih ada di tujuh kecamatan yang kurang pelamarnya.

Menurut Komisioner Bawaslu NTB sepinya peminat disebabkan pelamar kesulitan membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

“Dari kabupaten Sumbawa Barat itu dua kecamatan yang masih kurang pendaftar yaitu kecamatan Jereweh dan kecamatan Sekongkang. Kami sudah meminta kepada bawaslu KSB untuk melakukan perpanjangan pendaftaran selama lima hari ke depan. Di kabupaten sumbawa ada lima kecamatan yang diperpanjang ada kecamatan lantung, alas barat, Lenangguar, lunyuk, dan orong telu,” ungkap komisioner Bawaslu NTB Itratip kepada KanalNTB.com.

Menurut Itratif dari segi letak geografis itu dua kecamatan tersebut cukup terpencil dan mungkin juga Sumber Daya Manusia yang ada di situ tidak banyak yang berminat menjadi pengawas karena mereka sudah punya pekerjaan lain.

“Mungkin dari persyaratan sendiri yang sulit. Ada beberapa persyaratan yang memungkinkan masyarakat khususnya di daerah terpencil ini enggan untuk ikut meramaikan pendaftaran panwascam terutama terkait dengan surat keterangan sehat jasmani dan rohani ya,” ungkapnya.

Meskipun dalam pengaturan itu khusus terkait surat keterangan sehat rohani ada kompensasi baru dilengkapi menjelang masa pelantikan. Artinya setelah pendaftar itu dinyatakan lulus.

“Jadi sebelum pendaftar dinyatakan lulus maka mereka hanya membuat surat pernyataan terkait dengan kesehatan rohani tetapi  kami juga sedang mendalami apa yang menjadi penyebab kenapa kemudian di tujuh kecamatan itu harus ada perpanjangan waktu pendaftaran.

Jika nanti setelah kepanjangan masih kurang  maka berdasarkan  juknis yang dikeluarkan oleh bawaslu perpanjangan itu hanya di dilakukan satu kali masa perpanjangan. Artinya ketika masa perpanjangan ini sudah berakhir maka prosesnya akan berlanjut.

Baca Juga:

“Saya akan coba melakukan wawancara terhadap jumlah pelamar yang ada,” ungkapnya.

(pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here