Lombok Utara Prioritaskan Peningkatan Ekonomi Pasca Pandemi
Foto: PLT Sekda NTB Raden Nurjati. (KanalNTB.com)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com — Sektor perekonomian merupakan fokus Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) pasca pandemi. Sejalan dengan dibubarkannya Satgas Gugus Tugas Covid-19 di Lombok Utara, kini pemkab akan membentuk Satgas Pemulihan Ekonomi. Demikian diungkapkan Plt Sekda KLU Raden Nurjati, Selasa (18/8).

Menurutnya, satgas perekonomian itu akan menyasar UMKM dan sektor pertanian. Lantaran kabupaten termuda di NTB ini tidak sebagaimana daerah lain seperti Kalimantan atau Sulawesi yang mengandalkan pertambangan.

“Khususnya DED tambahan kita prioritaskan penanganan dampak ekonomi didalamnya ada pembangunan fisik khususnya jalan ini dinilai bisa dongkrak ekonomi kita,” ungkapnya.

Dijelaskan, daerah saat ini tidak bisa mengandalkan pariwisata yang menjadi penyumbang PAD terbesar. Maka itu kemungkinan langkah pemda akan memberikan suntikan modal usaha terhadap sejumlah UMKM dan koperasi. Kendati rencana ini masih akan dirumuskan kembali dengan TAPD bebarengan menilai program satgas ekonomi nanti.

“Satgas ekonomi fungsinya perencanaan koordinasi masyarakat yang jadi penekanan kemarin waktu kita bahas koperasi dan UMKM yang dibeberapa daerah gelontorkan semacam bantuan modal hanya di kita tidak programkan itu,” jelasnya.

“Kita akan bicarakan lebih jauh terkait dengan program itu. Bagaimana teknisnya nanti kita lihat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, eks Kepala Diskoperindag ini mengatakan ditengah memasuki new normal dan berakhirnya pandemi ekonomi merupakan aspek penting dalam meningkatkan stabilitas di masyarakat. Terlebih Pemerintah Pusat sudah telah mematok pada tahun 2021 nanti tiap daerah harus bisa meningkatkan setidaknya 4 persen ekonominya.


Baca Juga:

“Yang jelas fokus kita ke sana dulu namun untuk teknisnya kita akan matangkan lagi. Semoga kita bisa meningkatkan ekonomi sesuai target,” pungkasnya.


Penulis Eza

Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here