LAYLA
Foto: dok

Oleh: TGH Khalilurrahman


Bismillahilakram,  kenalkan namaku Layla. Setiap Ramadhan,  lebih dari dua miliar penduduk dunia mencari dan berharap bertemu denganku. Selain karena Aku didampingi seluruh Malaikat dan Jibril,  pada diriku juga bergantung jutaan cinta,  damai dan pengharapan. Sekejap aku datang,  seakan Aku hadir 1000 bulan.  Itulah sebabnya aku menjadi rahasia. Tersembunyi dan hanya bisa ditemukan di malam-malam ganjil Ramadhan. Kata Imam ar-Razi, kalau kalian ketahui keberadaanku, maka boleh jadi pada malam Itu kalian akan carmuk. Sementara malam yang lain kalian akan sia-siakan. Itu sebabnya kehadiranku dirahasiakan.  Ketahuilah,  apapun yang kalian lakukan,  nilainya sepadan dengan seribu bulan. Baik atau buruknya.

O ya, namaku Layla. Lengkapnya Laylatul Qadr. Para ulama berdebat apakah aku hadir hanya sekali saja, atau setiap tahunnya?

Ada ulama yang berpendapat bahwa keutamaan malam itu karena turunnya al-Qur’an dari Lauh al-Mahfuzh ke langit dunia. Peristiwa agung ini hanya terjadi sekali, dan tidak berulang setiap tahun. Namun mayoritas ulama mengatakan bahwa malam mulia ini hadir setiap tahun, bukan hanya sekali. Kalau cuma sekali, buat apa dong Rasulullah menyarankan umatnya untuk mencarinya pada 10 malam terakhir di bulan suci?

Kira-kira pada malam ke berapa aku akan hadir menemui kalian?

Imam Hasan al-Bashri mengatakan di malam ke 17, sementara Imam Anas menyatakan malam ke-19. Muhammad bin Ishaq menghitungnya di ke 21 berbeda dengan Ibn Abbas yang menyatakan malam 23, Ibn Mas’ud ke 24, Abu Dzar malam 25, Ubay bin Ka’ab dan jamaah sahabat menyatakan malam 27. Mayoritas mufassir menyatakan malam 29. Mana yang benar? Rahasia dong….  Kalau kalian tahu, malah nanti tidak menarik. Atau justru nanti malah kalian urung untuk merindu…

By the way,  aku akan hadir kepada mereka yg memang mengharapkanku.  Aku tak minta apapun,  aku hanya ingin dijamu dengan i’tikaf,  bacaan al qur’an, beriring kalimat tasybih.  Lebih mantap lagi bagi mereka yg qiyamullail dan bersedekah. Lho kok berat?  Tidak-lah bagi mereka yang ikhlas.  Lagipula balasannya adalah kebaikan yang melampui usia kalian rata rata dan tentunya juga surga. Kalau kalian biasa-biasa saja untuk menyambutku, maka imbalannya paling-paling hanya kipas angin….  Hehehehe…. Becandaaaaa

Sekali lagi, namaku Layla. Aku lebih mulia dari seribu bulan. Aku rindu kepada mereka yg merinduiku.

Semoga Allah Izinkan kita untuk bersua.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here