Kronologis Teror Pembakaran Rumah Direktur WALHI NTB
Kronologis Teror Pembakaran Rumah Direktur WALHI NTB

MATARAM, KANALNTB.COM – Pembakaran rumah Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTB Murdani yang beralamat di Dusun Gundul, Desa Menemeng, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Senin (28/01) menjadi catatan sejarah kelam teror terhadap penggerak lingkungan di daerah tidak akan pernah berhenti dilakukan oleh orang yang terganggu dengan kritikan.

Berikut kronologis Kejadian, yang diterima kanalntb.com, Senin (28/01) tepatnya pada Pukul 03.00 wita dinihari, saudara Murdani dan istrinya yang telah tertidur lelap di lantai dua rumahnya secara tiba-tiba terbangun melihat adanya kobaran api dari halaman/garasi rumah, melihat hal tersebut dengan cepat saudara Murdani langsung beranjak menyelamatkan diri menuju lantai satu rumahnya akan tetapi begitu turun dari tangga rumahnya, terlihat juga kobaran api di pintu depan dan pintu dapur sehingga menghalangi Murdani untuk keluar rumahnya dari pintu utama.

Sehingga Murdani yang sedang menggendong anaknya nadini, (4 th) berusaha menyelamatkan diri melalui pintu kios depan yang berhadapan langsung dengan jalan raya, begitu mau masuk menyelamatkan anak pertamanya (hudani) dan istrinya kobaran api sudah masuk dalam rumah kemudian akhirnya lari keluar dan meminta istri dan anak pertamanya keluar rumah melalui atap depan rumah, sehingga pak Murdani dan semua keluarganya dapat keluar dari rumah dengan selamat.

Pada saat bersamaan terlihat kobaran api yang semakin besar ada di empat titik yaitu titik pertama ada di bagian depan mobil Avaza, titik kedua ada di depan pintu utama, titik ketiga ada di pintu dapur dan titik ke empat ada di bagian depan Dum Truk yang berjarak sekitar 7 meter dari mobil avanza.

Sekitar pukul 03:15 wita Masyarakat sekitar berdatangan ke rumah saudara Murdani karena mendengar teriakan istri saudara Murdani dan seketika pula masyarakat membantu untuk memadamkan kobaran api di halaman/garasi rumah pak Murdani. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04:00 wita dinihari.

Baca Juga:

Pada pukul 04:00 wita, Aparat keamanan dari Kepolisian Sektor Pringgarata yang tiba di lokasi kejadian langsung mengosongkan lokasi kejadian dan memasang police line (garis polisi) guna membantu melakukan pengamanan.

Pada pukul 06:00 wita Aparat Kepolisian dari Resort Lombok Tengah tiba di lokasi dan langsung melakukan olah TKP dan membawa bukti awal yang ditemukan di lokasi kejadian yaitu berupa 1 buah botol plastic yang
berisikan bensin, I buah sisa kantong plastic berisikan bensin, 1 buah topi yang digunakan untuk menutup kamera CCTV, sisa bantal yang terbakar di bawah mobil Avanza dan sisa sepatu yang terbakar di depan pintu utama rumah.

Pukul 14:00 wita saudara Murdani di mintai keterangan oleh penyidik Polsek Pringgarata untuk melengkapi BAP atas kejadian tersebut.

Dijelaskan juga Beberapa fakta lapangan yang ditemukan di lokasi kejadian yakni Terbakarnya bagian depan sebuah Mobil Avanza dengan no polisi B1476 KIT milik pak Murdani dan adanya bantal yang telah terbakar dibawah kendaraan, yang diduga kuat menjadi sarana untuk membakar kendaraan tersebut.

Terbakarnya bagian depan Mobil Dum Truk dengan no polisi DR 8875 AD milik pak Murdani yang berjarak sekitar 7 meter dari kendaraan avanza yang juga telah terbakar.

Terbakarnya daun pintu yang terletak di bagian selatan (belakang) rumah yang menjadi pintu utama atau pintu keluar masuk penghuni rumah. Terbakarnya daun pintu dapur yang terletak di belakang rumah.

Ditemukannya beberapa benda di sekitar lokasi kejadian, antara lain 1 buah botol plastik berisikan bensin yang ditemukan di depan pintu dapur; 1 buah kantong plastic dengan aroma bensin, yang dapat diduga kuat telah diisi dengan bensin. ditemukan di dekat pintu dapur. 1 buah topi tergantung dan menutupi kamera CCTV yang terpasang di atas pintu dapur.

Dari kronologis di atas di simpulkan sementara bahwa Peristiwa terjadinya kebakaraan tersebut di duga kuat terjadi karena factor kesengajaan oleh orang selain penghuni rumah atau orang tidak dikenal yang dilakukan dinihari pada saat penghuni rumah sedang tertidur lelap. (red)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here