KPU Loteng Pastikan Tidak ada WNA Masuk DPT
Foto:Ketua KPU Loteng, Ahmad Fuadd. (kanalntb.com)

LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Tengah menjamin dan memastikan nihil atau tidak ada pemilih Warga Negara Asing (WNA) di Loteng pada pemilu 2019. Sebab, dari data hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Tambahan dua (DPTb 2) saampai sekarang belum ditemukan ada warga asing.

Baca Juga:

“Sejauh ini kita belum menemukan adanya WNA di DPTb 2. Hanya terdapat di DPT Mataram, Lobar dan Dompu,” kata Ketua KPU Loteng, Ahmad Puadd Fahrudin.

Meskipun demikian, lanjutnya, KPU  tetap akan mewaspadainya adanya WNA yang masuk dalam DPT hingga waktu pelaksanaan pada 17 April mendatang. Kalau pun ada, ia akan coret dari DPT. Karena, WNA tidak berhak memperoleh hak pilih. Yang berhak mendapatkan hak pilih WNI.

“Kalau WNA hanya berhak mendapatkan KTP, tapi tidak boleh memilih,” ungkapnya.

Mengenai logistik pemilu, ia katakan hanya surat suara Pilpres dan DPR RI yang sudah datang. Tapi, untuk surat suara DPD, DPRD kabupaten dan DPRD Provinsi, rencananya akan datang Rabu atau Kamis (hari ini red). “Untuk penyortiran dan pelipatan kami belum bisa lakukan, karena masih menunggu surat suara yang belum datang,” jelasnya.

Sementara, logistik lainnya sudah lengkap, seperti kotak suara, bilik suara, amplop, spidol, lam, tinta, segel dan lainnya. Semuanya disimpan di empat titik, pertama di gudang KPU, kedua dan ketiga di pertokoan Renteng dan ke empat di Ketejer.

“Kita juga optimis angka partispasi pemilih bisa mencapai target nasional 77,5 persen,” tandasnya.

Sementara, Sekretaris KPULoteng, I Gede Suantara mengatakan, untuk penyortiran dan pelipatan akan dilakukan Minggu (17/3). Kemudian, pihaknya akan lakukan sistem paralel. Dimana, masing-masing surat suara dibagi menjadi lima kelompok pelipatan. Untuk surat suara Pilpres akan dilipat di gudang KPU Loteng, DPRD Kabupaten di gudang II tempatnya di Renteng, DPRD Provinsi di gudang III di Renteng juga, kemudian DPD dan DPR RI di gudang IV di Ketejer.

“Setelah itu, baru dilanjut proses pengepakan, yang dilakukan April,” tungkasnya. (hiz)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here