KPU KLU Mulai Distribusikan Logistik ke Desa - Desa
Foto: Kotak Surat Suara di lombok utara, (KANALNTB.COM)

LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan digelar serentak di seantero Indonesia akan dimulai beberapa hari lagi. Guna mensukseskan pesta demokrasi tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Utara pun telah menyelenggarakan berbagai tahapan, salah satunya dengan mendistribusikan logistik ke desa-desa.

“Pendistribusian itu kita mulai hari hingga besok,” ungkap Ketua KPU Lombok Utara Juraidin kepada wartawan, Senin (15/4).

Hari ini lanjut Juraidin, KPU sudah mendistribusikan logistik ke sejumlah TPS yang ada di 14 desa di KLU. Juraidin juga menjelasakan, logistik yang didrop ke desa oleh KPU itu juga tergantung kesiapan kantor desa dalam menampung banyaknya kotak suara.

“Kita menimbang space yang masih muat, misalnya di Kecmatan Tanjung KPU menaruh logistik di 4 desa, kemudian di Kecamatan Gangga, Pemenang, dan Kayangan masing-masing 2 desa, untuk sisanya masih disimpan di gudang yang berada di Dusun Tanak Song Desa Jenggala, termasuk di tiga gili logistik sudah akan tuntas diterima oleh desa,” jelasnya.

“Untuk jumlah keseluruhan DPT kita 171.541 itu plus 2 persen per TPS. Dan khusus tiga gili kita akan drop ke sana besok,” sambungnya.

Lebih lanjut Juraidin menegaskan, berbicara Tiga Gili (Trawangan, Meno, dan Air) pihaknya mengakui bawahnya partisipasi pemilih di sana sangat rendah jika melihat pengalaman sebelumnya. Tetapi Juraid optimis hal itu tidak akan terulang, sebab belakangan antusias masyarakat sangat bagus di mana Kecamatan Pemenang mulai dari petugas KPPS hingga pembuatan TPS menjadi kecamatan yang paling pertama selesai. Atas dasar itulah pihaknya yakin tingkat partisipasi bisa mencapai 50 persen ke atas.

“Di tiga gili kita ada 60 kotak sama biliknya 4 kali 4. TPS kita di sana ada 12 titik di Gili Air 5, Gili Meno 2, dan Gili Trawangan sisanya. Melihat wajib pilih 2 ribu kami optimis tingkat partisipasinya akan naik tidak seperti gelaran sebelumnya,” paparnya.

Sementara itu, terhadap kerusakan logistik semisal kotak dan surat suara Juraidin mengakui memang ada beberapa namun tidak sampai menggangu jalannya pesta demokrasi. Kotak suara yang diterima oleh KPU Lombok Utara yang mengalami kerusakan sebanyak 25 kotak. Sedangkan untuk surat suara pemilihan presiden tercatat sekitar dua ribu, DPR RI dua ribu, dan sisanya sekitar 100 lebih surat. Namun kerusakan tersebut sepenuhnya sudah diganti dengan yang baru sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan logistik untuk menyalurkan hak pilih mereka.

Baca Juga:

“Ada beberapa kategori kerusakan seperti lecet, tinta kurang, ada yang robek, dan tidak terprint nama calon. Kalau DPR RI 2 ribuan juga yang lain seratusan, tapi itu sudah diganti, “tandanya.(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here