KLU Buka Peluang Majukan Pariwisata, Turis Asing 16 Negara Hadiri Gelaran Sail II di Tanjung
Foto: Salah satu Turis Asing mencoba kesenian peresean (kanan). (KANALNTB.COM)

LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Wisatawan mancanegara dari 16 negara memadati kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/9). Kedatangan wisatawan asing ini guna menghadiri perhelatan tahunan Sail II yang dipusatkan di Hotal Madana Bay Marina, Kecamatan Tanjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara, Vidi Eka Kusuma mengatakan, perhelatan Akbar Sail II tahun ini memang agak berbeda dibanding tahun lalu, jumlah wisatawan yang hadir tidak seperti tahun lalu. Meski demikan, hadirnya para wisatawan dari 16 negara ini merupakan satu peluang besar untuk untuk memajukan pariwisata Lombok Utara terlebih pasca gempa ini.

“Perhelatan Sail II ini merupakan kegiatan yang penuh persaingan, di negara-negara lain juga menyediakan kemudahan untuk singgahnya turis-turis ini. Tidak semua dapat kesempatan oleh sebab itu kita sangat beruntung dapat disinggahi,” ungkap Vidi.

Menurutnya, kegiatan Sail ini bisa menjadi ajang promosi untuk pariwisata Lombok Utara kepada masyarakat dunia, dimana disini pihaknya dapat memperkenalkan budaya dan membuat standar-standar dunia.

“Negara kita juga telah memberikan perhatian besar, seperti kemudahan tentang paspor agar para tamu luar negeri ini bisa mengunjungi Indonesia dan Lombok Utara khususnya,” terangnya.

Lebih lanjut Vidi juga menilai, dengan kedatangan para tamu dari luar negeri ini, mereka juga dapat melakukan kegiatan sosial seperti memberi sumbangan berupa filter air bersih untuk masyarakat setempat dan juga aksi donor darah.

“Terlebih lagi masyarakat dunia bisa mengetahui bahwa Lombok Utara sudah aman dan nyaman untuk dikunjungi,” jelasnya.

Terpisah, owner Hotel Medana Bay Marina Ibu Ace Robin mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dengan kedatangan para tamu Sail dari luar negeri ini dan pihaknya juga berharap terutama kepada kementerian pariwisata dan pemerintah daerah khususnya agar acara Sail yang tiap tahunnya datang ke Lombok Utara agar tetap terselenggara serta dapat dinikmati manfaatnya bagi masyarakat Lombok Utara.

“Sail ini sudah sepuluh tahun tetap berlangsung,” ujarnya.

Pagelaran Sail tahun ini lanjutnya memang agak sedikit berkurang dibandingkan tahun lalu, hal itu disebabkan adanya cuaca buruk yang menghambat perjalanan kapal-kapal pesiar ini.

Baca Juga:

“Yang penting jika Sail ini ingin terselenggara terus, NTB harus aman. Totalnya ada 90 kapal tapi yang di hadapan kita saat ini ada sekitar 35 sisanya itu ada di Gili dan Tembobor,” tandasnya

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here