Ketetapan MK Turun, Sokong KLU Masuk Daftar Pilkades Serentak 2019
Foto:Kepala DP2KBPMD, H Kholidi Halil Kepala Bagian Hukum KLU Raden Eka Asmarahadi. (dok.KANALNTB.COM)

LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Pemerintah akhirnya menetapkan Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) masuk dalam daftar Pilkades serentak tahun ini. Keputusan itu ditetapkan usai Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan gugatan Marianto (Kades terpilih yang dianulir Pemda) pada pemilihan 2017 lalu. Turunnya keputusan MK ini dengan sendirinya menghentikan polemik tentang Pilkades desa Sokong sejak 2017.

“Diskresi itu sudah ditentukan MK bahwa PSU itu harus dilakukan di masa kemarin. Jadi, tidak bisa dilaksanaan PSU lagi, syaratnya tidak bisa terpenuhi disitu karena itu Sokong akan mengikuti pemilihan serentak,”ungkap Kepala Bagian Hukum KLU Raden Eka Asmarahadi kepada wartawan, Kamis (25/7).

Sementara itu, Kepala DP2KBPMD, H Kholidi Halil menjelaskan, kontestan awal yang ikut Pilkades serentak 2019 ini sekitar 25 desa. Dengan munculnya keputusan MK tentang itu maka desa Sokong akan masuk menjadi peserta pada Pilkades serentak, sehingga praktis jumlah yang ikut Pilkades menjadi 26 desa .

“Yang tidak ikut itu ada sekitar 6 desa antara lain Desa Medana, Tiniga, Loloan, Sambik Bangkol, Akar-akar dan Pendua,” jelasnya.

Tahapan yang sudah dilakukan lanjut Kholidi sampai saat ini Pemda sudah melakukan sosialisasi dan membangun komitmen dengan BPD, kepala desa, maupun Camat. Mereka siap untuk ikut turun melakukan sosialisasi.

Lebih lanjut dikatakan Kholidi, terkait dengan DPT pihaknya mengaku sudah melakukan verifikasi. dari 25 desa yang sebelumnya sudah diinventarisir, jumlah TPS diperkirakan sebanyak 605. Tetapi DPT yang masuk di tiap-tiap TPS masih di kisaran dibawah angka 300 orang sehingga praktis akan banyak waktu yang terbuang untuk menunggu penghitungan.

Baca Juga:

“Dalam rapat persiapan, akhirnya disepakati jumlah pemilih minimal 300 per TPS dan maksimal 500 orang. Dari penghitungan jumlah 605 TPS kita lakukan efisiensi dan ketemulah angka 404 TPS. Di 25 desa yang akan mengikuti pilkades itu membutuhkan anggaran sekitar 3,6 miliar, masuk lagi Sokong jadi anggaran kita masih kurang sebesar 180 juta,” tandasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here