Kembangkan Wisata Bahari, Disbudpar KLU Latih 40 Pemandu Wisata Selam
Foto: Disbudpar KLU melatih puluhan pemandu wisata selam. (KanalNTB.com)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lombok Utara meemberikan pelatihan dasar kepada 40 orang pemandu wisata selam di Aula Kantor Bupati KLU, Selasa (30/6).

Kepala Disbudpar Lombok Utara, Vidi Eka Kusuma mengungkapkan, salah satu potensi wisata di daerah yaitu dunia bawah air. Ironisnya, mayoritas instruktur penyelam di tiga Gili secara khusus, justru Warga Negara Asing (WNA).

“Makanya kita berdayakan teman-teman supaya memiliki kemampuan,” ungkapnya.

Pelatihan diselenggarakan dengan menggandeng Organisasi Penyelam Profesional Lombok Sumbawa (PPLS) selama lima hari. Menyasar pelaku wisata maupun penyelam yang belum pengalaman dengan tujuan agar bisa menambah jam terbang dan teknik dasar mereka.

“Nanti usai pelatihan mereka mendapatkan sertifikat open water, advence, dan rescue. Dengan begitu mereka memiliki modal untuk jadi instruktur diving,” jelasnya.

“Kegiatan ini bersumber dari DAK non fisik yang keseluruhan mencapai Rp 200 juta. Kita bagi dalam lima kegiatan dan ini salah satunya,” imbuhnya.

Menyangkut spot-spot bawah laut yang eksotik, pihaknya sudah mengandeng organisasi untuk mengeksplor lebih jauh. Sebab diketahui tidak hanya tiga Gili dan di pantai Nipah, melainkan sejumlah kecamatan lain disinyalir memiliki biota laut yang tak kalah indahnya.

“Jadi ini bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang tidak bisa ke tiga Gili. Karena ada beberapa spot lain seperti di Gangga dan di Pelabuhan Carik,” bebernya.

Pihaknya berharap, jika SDM telah terpenuhi tentu nantinya akan ada feedback ke daerah entah berupa retribusi atau apapun. Pasalnya, sampai saat ini diakui daerah sendiri belum mengkaji secara detail perihal pendapatan dari bidang ini.


Baca Juga:


“Kita masih melakukan pemetaan mana-mana spot yang potensial. Karena dari harga kita masih yang paling murah se-Indonesia,” pungkasnya.


Penulis: Eza ; Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here