Kasus Menpora Berpotensi Terjadi di Daerah, PDIP NTB: Kepala Daerah Harus Lepas Jabatan Ketua Koni
Foto: Politisi PDIP NTB dan Anggota DPRD NTB dari PDIP NTB Ruslan Turmuzi (kiri), Ketua Fraksi Perjuangan Bintang Nurani Rakyat Lalu Budi Suryata (kanan). (KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Kasus dugaan Korupsi yang sekarang membelit Menpora Imam Nachrawi berpotensi terjadi juga di daerah. Sebab, dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 800/2398/ 2011 dan diperkuat dengan dikeluarkannya SE Kemendagri Nomor 800/148 tanggal 17 Januari 2014 tidak membolehkan Jabatan Ketua KONI dirangkap oleh semisal Kepala Daerah, Anggota DPRD, PNS, TNI dan Polri.

Juru Bicara dan Anggota Dewan dari Partai Demokrasi Perjuangan DPRD NTB, Ruslan Turmudzi, Senin (23/09) menyebutkan kepala daerah harus melepas Jabatannya sebagai Ketua Koni, karena melanggar UUD.

“Kasus yang terjadi di Jakarta, Kemenpora kesangkut korupsi. Di NTB ada potensi kasus yang sama bisa terjadi,” ungkapnya.

Lanjut Ruslan kalau melihat kasus ini dan aturan pemerintah daerah maka di NTB pun berpotensi terjadi pelanggaran.

“UU No 3 tahun 2005, khususnya pasal 10 pejabat publik tidak boleh rangkap jabatan seperti kepala daerah, hakim rangkap jabatan sebagai ketua Koni. Artinya sebuah larangan pejabat publik rangkap jabatan ketua, sekretaris bendahara Koni. Bagi pejabat publik ada larangan dalam perda diatur, makanya Kasdiono waktu itu mundur karena sebagai anggota DPRD. dan diganti Andi hadianto yang berasal dari swasta. Saya tidak tahu di kota Mataram, Wakil Walikota Juga, di Sumbawa, Kabupaten Bima, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Ada sanksi tidak diakui pertangungjawabannya,”

Kasus korupsi di Kemenpora berpotensi juga terjadi di daerah. Anggota DPRD NTB Ruslan Turmuzi Minta Kepala Daerah Rangkap Jabatan ketua Koni di daerah harus mundur.

Baca Juga:

“Sanksi bagi kepala daerah jika tetap merangkap berupa peringatan pemberhentian, bantuan dana Bansos tidak diakui berdasakan UU 23 tahun 2014,” tandas Ruslan.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here