Intelijen Daerah: Sehari Muncul Lebih 50 Informasi Hoax di Medsos
Foto: Ilustrasi hoax

MATARAM, KANALNTB.COM – Badan Intelijen Daerah (Binda) NTB terus memantau perkembangan politik jelang pileg dan pilpres 2019. Disebutkan situasi NTB pada umumnya kondusif. Namun, untuk informasi hoax angkanya cukup tinggi. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Negara Daerah NTB, Tarwo Koesnarno pada kanalntb.com, Rabu (13/3).

Baca Juga:

“Situasinya kondusif, udah gitu aja. Ya situasinya sekarang ini kondusif, tidak ada gangguan keamanan apapun terkait pelaksanaan pemilu. Begitu,” ujarnya.

Namun untuk aktivitas informasi yang beredar di dunia Maya masih rentan pada informasi hoax. Kata Tarwo, Dinamika politik meningkat ditandai ramainya medsos. Yang jelas medsos twitter, FB, isu hoax, isu-isu negatif masih terjadi, kecenderungannya meningkat.

“Paling tinggi hasil statistik kami di tanggal 3 Februari itu paling tinggi hoax. Satu hari ada lebih dari 50 hoax yang disebarkan. Sekarang trennya menurun, walaupun dalam minggu ini naik sekitar 1 hari bisa 20-25 hoaks yang disebarkan,” bebernya.

Isu terasebut, lanjutnya seperti mempersoalkan isu 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos. ” Itu kita di NTB paling tinggi. Satu hari di atas 50, ada yang meneruskan. Binda juga mengimbau warga tidak sebarkan hoaks karena Polda, Pemda, Binda sedang membentuk satgas anti hoax untuk melakukan profiling kepada pihak-pihak yang menyebarkan hoax,”

Setiap hari, sambung Tarwo, satgas profiling siapa yang sebar hoax. Jika ada melanggar hukum. Maka dilakukan ada pendekatan. Misal jika yang melakukan anak SMP, satgas menghubungi orang tua dan kepala sekolah.

“Adapun motif membuat informasi hoax? Beragam. Ada yang main-main. Ada yang melampiaskan mungkin karena ketidakpuasan,” jelasnya.

Lebih jauh, ternang Tarwo, soal jaringan antidemokrasi yang gak mau nyoblos? Itu hak mereka, yang penting nanti dibuktikan indeks demokrasi naik atau tidak. Dengan salah satu indikator adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam gunakan hak pilih akan meningkat. (dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here