Hidayah Selebritas
Foto: Majalah Pandji Masjarakat. (ist)

oleh: Yusuf Maulana (*)

Berseliweran kabar di linimasa Facebook ihwal masuk Islamnya Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo, atau dikenal luas dengan nama panggung: Deddy Corbuzier. Saat membaca sebagian warta itu, rekaman syarahan Ustad Asep Sobari berjudul “Tidak Terkenal di Bumi, namun Terkenal di Langit” tengah saya simak beriring mengerjakan koreksian buku saya yang hendak cetak ulang.

Dan, 21 Juni pada Jumat ini, qadarullah saya mendapati arsip lama dari majalah yang pernah digawangi Buya Hamka. Tentang seorang selebritas pada masanya yang juga memeluk Islam. Yang kenal nama ini, apatah lagi menyaksikan langsung judul filmnya, mestinya kita sebaya atau lebih sepuh.

“Titian Serambut Dibelah Tujuh” (1982), judulnya. Film ini saya saksikan ketika masih belum baligh lewat layar TVRI. Besutan apik Chaerul Umam tentang perjuangan dakwah guru Ibrahim. Sang guru diperankan penuh hayat oleh Immanuel Manik, alias El Manik.

Meski Manik bukanlah Muslim, tidak banyak sorotan pada sang aktor yang berperan sebagai guru Ibrahim, yang digambarkan sebagai sosok Muslim taat. Manik bahkan hafal Ayat Kursi demi mainkan peran di film Titian ini.

Manik boleh berpura-pura demi jalani skenario film yang digarap memikat oleh Asrul Sani, sang maestro urusan ini. Dalam lakon film yang mendulang banyak pujian itu, ia begitu hayati perannya.

Jejak Manik masih mengendap lama hingga menembus alaf baru kala gundah selalu hadir. Hingga akhirnya ia putuskan lakon sejati: bersyahadat. Bukan pura-pura. Bukan karena istri apalagi materi berupa keberlangsungan order bermain film.

(*) Penulis Buku Gerakan Islam

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here