Akhirnya Jalur Pendakian Dibuka Besok Pagi, Hanya Sampai Pelawangan
Pendaki Puncak Rinjani. (Foto: ist)

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Pendakian Gunung Rinjani direncanakan akan dibuka awal April mendatang. Pasca gempa Lombok 8 bulan lalu, gunung Rinjani ditutup untuk pendakian. Karena jalur pendakian putus, retak dan longsor. Hal ini mengakibatkan perekonomian dari sektor pariwisata zona Gunung Rinjani lumpuh.

Baca Juga:

Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sugiyono pada kanalntb.com menyampaikan, pendakian direnakanan akan dibuka April. Namun sebelumnya, pihak TNGR akan melakukan pengkajian terkait kondisi terkini gunung Rinjani.

“Hari ini kita rapat dengan tim terkait ruvey lapangan nanti,” ujar Sugiyono pagi tadi, Selasa (12/3).

Tim yang beranggotakan; TNGR, BNPB, TNI-POLRI, BMKG, organisasi pecinta alam dan perwakilan guide-porter akan membahas tekhnis survey dalam waktu dekat.

Lebih jauh, Sugiyono menjelaskan, kondisi terkini dari hasil survey beberapa waktu lalu jalur pendakian gunung Rinjani masih putus. Dan beberapa keretakan masih menganga.

“Jadi dari Pelawangan sampai Segara Anak kita masih belum bisa lakukan pendataan karena memang aksesnya belum bisa,” terangnya.

Kemudian, dari hasil survey itu nantinya, sambung Sugiono, akan diputuskan apakah bisa dilakukan pendakian seperti biasa atau akan dilakukan zonasi. Misal, apakah hanya sampai bisa Pelawangan.

Namun, Sugiyono juga memastikan kalau jalur pendakian gunung Rinjani kondisinya sudah tidak seperti kondisi sebelum gempa. Artinya, ada perubahan bentuk atau tekstur tanah. (dex)

2
66%
like
0
0%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here