Foto : Erupsi Gunung Agung (Sumber : Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)

MATARAM, kanalntb.com – Gunung Agung di Pulau Bali meletus. Letusan Gunung Agung terjadi Selasa (21/11) pada pukul 17.05 Wita. Letusan itu dalam status level III (siaga).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, asap letusan Gunung Agung teramati bertekanan sedang dengan warna kelabu tebal. Sementara itu, ketinggian asap mencapai 700 m di atas puncak dengan abu letusan bertiup lemah ke arah Timur-Tenggara.

Baca Juga: Aktivitas Menurun, Status Awas Gunung Agung Jadi Siaga

“Letusan masih terus berlangsung,” ujarnya.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Agung agar tetap tenang dan tidak melakukan pendakian serta tidak melakukan aktivitas apa pun di zona bahaya. Imbauan ini juga berlaku bagi para pendaki, pengunjung, maupun wisatawan.

“Zona perkiraan bahaya ini meliputi area kawah Gunung Agung dan seluruh area di dalam radius 6 km dari Kawah Puncak dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 km,” pungkasnya. (k1)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here