Dukung Gerakan Literasi National, FLP NTB selenggarakan Workshop Kepenulisan Bersama Boim Lebon
Foto: Panitia dan peserta berpose bersama Boim Lebon (tengah berpeci) usai acara. (KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Sejak tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut, Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah NTB mengadakan Workhsop Kepenulisan dengan Tema “Menulis Cerita Humor Penuh Hikmah” di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Universitas Mataram, Minggu (28/7).

“Harapannya output dari kegiatan ini, akan lahir para penulis-penulis baru yang inspiratif, lucu, menghibur sekaligus memberi hikmah & motivatif bagi para pembaca. Tentunya dengan terpenuhinya hal-hal tersebut, penanaman budi pekerti yang baik akan mudah dilakukan,” demikian diungkapkan oleh Aslul Khitan, Ketua FLP NTB.

Dalam workshop kali ini, FLP NTB menghadirkan pembicara nasional, Sudiyanto yang akrab disapa “Boim Lebon”, penulis berbagai buku komedi dan juga seorang produser di salah satu stasiun TV Nasional.

Kegiatan ini sendiri, lanjutnya terlaksana atas dukungan para sponsor (INDIVIA, LAZ DASI NTB, STRAYA LANGUAGE INSTITUTE, dan LALAPAN MBAK YUL PAGUTAN). Peserta yang hadir berasal dari berbagai profesi baik siswa, mahasiswa, penyiar radio, pegawai, guru, bahkan ibu rumah tangga yang memiliki semangat di bidang literasi.

Acara dibuka oleh Bapak Hartanto, mewakili Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan FLP NTB untuk menggiatkan dunia literasi di NTB. Gerakan Literasi Nasional tidak cukup dilakukan oleh pemerintah saja. Perlu dukungan dari pihak lain, baik dari institusi pemerintah mau pun lembaga swasta.

“Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia,” ungkal Hartanto.

Pada acara ini peserta belajar tips dan trik membuat cerita dengan unsur komedi namun tetap dapat menginspirasi. Peserta juga diajak untuk berlatih langsung dalam menciptakan karakter dalam cerita dan membuat sinopsis. Tidak hanya interaksi satu arah, tetapi para peserta juga langsung mendapatkan kesempatan untuk bertanya dan mendengarkan penjelasan dari tulisan yang dibuat. Peserta tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga buku-buku gratis karya Boim Lebon dan beberapa buku terbitan INDIVA. Pak Boim Lebon sangat mengapresiasi antusiasme para peserta.

Baca Juga:

“Ke depannya FLP NTB akan terus menyelenggarakan event-event untuk menggalakkan literasi di NTB. Menumbuhkan semangat untuk berkarya melalui tulisan,” tutup Aslul Khitan yang juga penulis buku anak-anak ini.

(dex)

2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here