lobar
Pasar kekait Lobar salah satu pusat durian grosiran. (Foto: kanalntb.com/haj)

LOMBOK BARAT, kanalntb.com – Pasar kekait Lobar salah satu pusat durian grosiran. Masyarakat Lobar dan Mataram biasa memburu durian murah di pasar ujung Utara Lombok Barat tersebut. Saat mulai musim durian tiba, pasar ini menjadi idola karena harga duriannya yang lebih murah dibandingkan tempat lain. Harganya pun relatif murah, sangat stabil dan menjadi tempat buruan para penikmat buah berbau khas tersebut. Harga durian saat musim tiba ukuran kecil  harganya sekitar Rp 20 – 25 ribu, ukuran sedang antara Rp. 35-60 ribu, dan yang besar atau super bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Karena mulai langka harganya mulai merangkak naik. Yang kecil biasanya harga perbuah Rp. 20 ribu sekarang menjadi Rp.25-30 ribu. Begitu juga yang lebih besar.

Kelangkaan buah durian sudah mulai terlihat di pasar Kekait ini, pedagang durian tidak sebanyak sebelumnya. Buah yang dijual pun tidak ada yang besar.

Seperti dikatakan seorang pedagang. Buah durian yang dijualnya adalah buah penghabisan. “Saat ini harga durian mulai mahal, karena buahnya jarang ada. Ini buah “penutuk” (terakhir, red.),” ucap Minah, seorang penjual asal sidemen, Kekait, kepada kanalntb.com, Minggu (25/3).

lombok barat
Pasar kekait Lobar salah satu pusat durian grosiran. (Foto: kanalntb.com/haj)

Senada dengan Minah, pedagang lain, Ratibah, yang mangkal di sebelah pasar tersebut pun mengatakan demikian. “Buah durian sudah mulai habis sekarang. Dua Minggu lagi mungkin sudah tidak ada lagi yang berjualan karena tidak ada barang lagi. ujarnya.

Minah dan Ratibah sama sama pedagang musiman yang mangkal di pasar Kekait seperti pedagang durian lainnya. Setiap musim durian mereka menggelar dagangan dengan mengambil barang dari pemborong. Dari usaha musiman itu mereka bersyukur hasilnya bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga. “Alhamdulillah hasilnya bisa untuk biaya sekolah anak,” ucap mereka. (Haj)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here