Photo : Terlihat seorang petugas membersihkan sisa lonsor menggunakan Alat Berat

SUMBAWA BESAR, kanalntb.com – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi seminggu terakhir menyebabkan ruas  jalan Sumbawa-Lunyuk kian hari kian tidak aman, akibat potensi longsor yang sewaktu waktu mengancam keselamatan pengguna jalan.

Dari pantauan Anggota DPRD Sumbawa Dapil II Salamuddin Maula di lapangan pada Selasa (23/1), ditemukan sekitar 45 sampai 50 titik rawan longsor. Bahkan tanpa hujan sekalipun, masih ada longsoran batu yang menghunjam badan jalan.

Untuk itu, Jalo, sapaan akrab politisi PKS ini meminta pemerintah daerah tidak menutup mata dan cepat tanggap dengan kondisi tersebut. Jangan sampai sudah jatuh korban, baru kemudian semunya sibuk berbuat.

“Tidak boleh main-main. Secepatnya pemerintah daerah untuk menangani itu. Kasihan masyarakat kita,” tegas Salamuddin Maula.

Baca Juga : Gardu Pandang Wisata Pusuk Longsor

Menurutnya, kondisi itu harus segera ditangani karena jika terjadi longsor susulan dan kemudian badan jalan kembali tertutup, maka semua kebutuhan masyarakat menjadi terhambat. Itulah yang menyebabkan harga barang di Kecamatan Lunyuk beberapa waktu lalu sempat melonjak.

“Ruas jalan Sumbawa menuju Lunyuk itu parah sekali, dibutuhkan penanganan segera. Seharusnya ada alat berat yang standby di sejumlah titik longsor, sehingga arus transportasi masyarakat lancar,” harapnya.

Selain menyiapkan alat berat sebagai solusi jangka pendek, pemerintah diminta aktif melakukan penanaman pohon seperti terasering sebagai solusi jangka panjang memperkuat struktur tanah.(k9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here