Dispar KLU : Tiga Gili Mulai Aman Dikunjungi Wisatawan
Foto: Kepala Disbudpar KLU Vidi Eka Kusuma. (KanalNTB.com)

LOMBOK UTARA, KanalNTB.com – Pariwisata di seantero dunia bisa dikatakan lesu akibat mewabahnya pandemi virus corona desease covid-19. Tak terkeculai di wisata Tiga Gili (Gili Trawangan, Meno dan Air) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun seiring upaya keras pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) mengembalikan kejayaan Pariwisata di daerah tersebut dengan meningkatkan promosi serta memperkenalkan spot-spot Diving indah nan mempesona, maka pemerintah memastikan bahwa KLU sudah aman untuk dikunjungi para wisatawan.

“Lombok Utara sudah aman untuk dikunjungi para wisatawan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata KLU Vidi Eka Kusuma pada wartawan, Rabu (2/9).

Mantan Kepala Disnaker PMPTSP itu mengatakan, meski sudah dikatakan aman untuk dikunjungi, tetapi pemerimtah tetap waspada dan menerapkan protokol keamanan covid-19 kepada para wisatawan yang berkunjung.

“Kita tetap waspada dan gunakan protokol covid di pintu masuk,” tegasnya.

Vidi menuturkan, di masa new normal ini untuk wisatawan yang berkunjung ke tiga Gili memang belum nampak seperti semula, tetapi sudah ada kapal cepat dari Bali yang mengangkut wisatawan .

“Jumlah wisatawan yang masuk itu ada sekitar ratusan orang, tapi itu bukan yang dari luar negeri langsung melainkan wisatawan yang dari Bali ke Lombok,”ujarnya.

Selain itu tiga Gili lanjut Vidi, pemerintah juga sudah mengeluarkan rekomendasi untuk membuka pendakian Gunung Rinjani sebagai salah satu atraksi alam yang mendunia. Pada tanggal 22 kemarin pendakian sudah mulai dibuka dan di launching pada tanggal 27 .

“Pembukaan pendakian disana juga sudah ditinjau langsung oleh Wakil Gubernur,” tandasnya.

Meski sudah dibuka, jumlah pendaki di gunung rinjani masih dibatasi dan pintu masuk pun hanya dibuka di tiga lokasi saja yakni pintu Senaru, Sembalun dan Aik Berik.


Baca Juga:


“Kuota pendaki itu sekitar 40 orang per hari yang boleh atau 30 persen dari jumlah pendakian sebelumnya,”pungkasnya.


Penulis: Eza

Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here