Diskusi Kritis dan Hangat Warnai Sarasehan FWMO Lotim
FOTO: Puluhan peserta sarasehan antusias mengikuti diskusi terkait Peranan Media Online Dalam Mengawal Kebijakan Pemda Lotim dan Menangkal Berita Hoax Jelang Pilpres 2019.

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Dalam rangka mencegah dan mengedukasi masyarakat terkait berita hoax, Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lombok Timur mengadakan sarasehan bertajuk “Peranan Cyber Media Dalam Mengawal Kebijakan Pemda Lombok Timur dan Menangkal Berita Hoax Jelang Pilpres 2019”. Acara yang berlangsung di aula Lesehan Ari Rempung, Lombok Timur, Sabtu (09/3) tersebut dihadiri 70 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari pegiat pers, mahasiswa dan LSM.

Baca Juga:

Ketua panitia acara, Samsul Rizal menyampaikan acara tersebut dilatarbelakangi dua hal. Pertama terkait momen pemilu serentak 2019. Dimana muncul berita dan informasi yang mulai tidak sehat. Atau dengan kata lain informasi hoax. Sementara itu, penyebaran informasi hoax tersebut sangat cepat dan masif di lini media sosial. Karenanya, peranan media online sangat penting guan memberikan informasi yang balance kepada masyarakat dengan tempo yang cepat juga. Tentu tanpa mengesampingkan prinsip-prinsip jurnalistik.

“Semua serba cepat dan digital. Maka peranan media online dengan link beritanya diharapkan mampu memberikan informasi yang juga cepat dengan sumber yang jelas,” tutur pria berkacamata tersebut.

Kedua, selain terkait pilpres sarasehan tersebut diharapkan mengenalkan media online berbadan hukum yang lingkup liputanya di Lombok Timur. Terutama pada pemerintah kabupaten Lombok Timur dengan kepemimpinan baru, Sukiman-Rumaksi.

Acara sarasehan yang berlangsung khidmat dan lancar tersebut menghadirkan lima narasumber. Yakni Dinas Kominfo Lotim, KPU Lotim, Bawaslu Lotim, Polres Lotim dan dari Kodim 1615 Lotim. Tema dari masing-masing pemteri menarik. Hal itu terlihat dari banyak dan krisitisnya penanya saat sesi diskusi berlangsung.

Diskusi Kritis dan Hangat Warnai Sarasehan FWMO Lotim
Foto: Hadir Dinas Kominfo Lotim, KPU Lotim, Bawaslu Lotim, Polres Lotim dan dari Kodim 1615 Lotim.

Muzani, salah seorang peserta perwakilan dari BEM UNW mengatakan dari acara tersebut ia bisa menambah wawasan tentang hal-hal terkait pemilu dan proses hukumnya.

“Selain itu, saya jadi banyak mengenal media online yang ada saat ini,” ujarnya. (dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here