Dewan Ingatkan Gubernur Zul, Tidak Hanya Berteori Manis Soal Modal untuk IKM dan UMKM
Foto: Anggota Komisi II DPRD NTB, Made Slamet. (KANALNTB.COM)

Mataram, KanalNTB.com – Anggota Komisi II DPRD NTB, Made Slamet, mengingatkan bahwa perintah gubernur Zul kepada Bank NTB Syari’ah untuk memberikan modal tanpa bunga kepada IKM/UMKM jangan hanya sebatas teori dan pemanis saja seperti program-program sebelumnya.

” Jangan hanya teori saja dan pemanis bibir seperti program-program sebelumnya. Sembako selama ini hampir semua diborong konglomerat dan ada brokernya. Seperti beras, telur, minyak,” tegas politisi PDIP ini.

Dia kemudian meminta Gubernur menjelaskan kepada publik seperti apa sistem bunganya jika teori peminjaman tersebut diterapkan

“Begitu juga dengan pinjaman Bank jelaskan dulu bunga dan sistem pembayarannya karena bunga pinjanan di Bank NTB Syariah masih cukup tinggi,” ucapnya.

Semua harus jelas, tambah Slamet, dan harus transparan di awal sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Berita sebelumnnya dengan judul “Tiru New Zealand, Gubernur Zul Perintahkan Bank NTB Syariah Bantu Modal IKM/UMKM Tanpa Angsuran dan Bunga”

Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah menjiplak metode negara tetangga, Pemerintah New Zealand dalam menghadapi pandemi covid 19, yang memerintahkan lembaga keuangan dan perbankan di negara itu untuk mengucurkan modal kepada masyarakatnya atau IKM/UMK dan dunia usaha-nya, tanpa agunan, tanpa mengangsur dalam setahun pertama dan tanpa bunga.

“Kalau New Zealand saja sudah menerapkan konsep konsep keuangan syariah, apalagi kita di NTB sebagai daerah seribu masjid harusnya lebih maju”, ujar Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah saat acara Peluncuran Pembiayaan Skema Khusus UMKM Bank NTB Syariah, di Gedung Graha Bakti, Jum’at, (15/05).

Karenanya, Dr. Zul sapaan akrabnya meminta lembaga keuangan syariah harus hadir dan mampu menjadi penyelamat IKM/UKM menghadapi badai Covid 19 saat ini. Ia juga mengajak semua pihak, terutama lembaga keuangan, OJK, Kepala BI, OPD dan stakeholder lainnya untuk mendukung semangat dan optimisme UMKM dalam menghidupkan kegiatan usahanya, dengan cara mempermudah UMKM yang ada di NTB untuk mendapatkan dana awal atau modal memulai sebuah usaha.


Baca Juga:


“Saya berharap dengan program ini, semua UMKM yang ada di NTB bisa terbantukan, dan semoga bisa menambah semangat mereka memulai bisnis dan usahanya,” tegasnya.


Penulis: Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here