Daftar Sekarang, Calon Haji Harus Nunggu 26 Tahun
Foto: Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Loteng, HM Muhson, M.Si. (kanalntb.com)

LOMBOK TENGAH, KANALNTB.COM – Calon jemaah haji asal Lombok Tengah nampaknya harus bersabar bisa berangkat ke tanah suci Mekkah. Pasalnya, harus menunggu antrean hingga 26 tahun.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Loteng, HM Muhson, M.Si menyatakan, waiting list untuk calon jemaah haji yang mendaftar tahun ini harus menunggu hingga 26 tahun atau nunggu sampai tahun 2044. Hal ini disebabkan banyaknya warga yang berminat untuk berangkat haji.

“Catatan kami dari tahun 2011, jumlah jemaah calon haji yang mendaftar mencapai jutaan,” katanya.

Baca Juga:

Bahkan, dari data yang dihimpun, per hari bisa mencapai 10 sampai 35 orang yang mendaftar. Sedangkan, untuk Januari 2019 hingga 18 Februari kemarin yang daftar sudah mencapai 382 orang.

“Ini juga dikarenakan warga yang berumur 12 tahun sudah bisa mendaftar,” terangnya.

Sementara, seoarang warga Praya, Lalu Rusban mengaku,dirinya tetap untuk mendftar haji meskipun daftar tunggunya hingga belasan tahun, karena sudah berniat  untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

“Meskipun menunggunya puluhan tahun, saya tetap mendaftar dan semoga diberikan kesehatan dan panjang umur, serta rezeki sehingga dapat menunaikan ibadah haji,” singkatnya.

Kemudian, tahun ini calon jemaah haji yang berangkat sebanyak 833. Ada penambahan dari kouta tahun lalu yang sebanyak 783. “Dari total yang berangkat sekarang juga jumlah lansia yang berangkat hanya 60 jemaah,” ujarnya.

Selanjutnya, bagi calon jemaah haji yang berangkat tahun ini sedang dalam tahap pemberkasan dan pengurusan paspor. Namun, semua itu dipastikan hampir selesai.

“Insya Allah sejauh ini tidak ada kendala dan masalah dalam pemberkasan dan pengurusan paspor,” tungkasnya. (hiz)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here