Cost Politik Mahal, Faktor Penyebab ASN Berpolitik Praktis
Foto: Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto. (KANALNTB.COM)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Semakin mahalnya biaya (cost) politik di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lombok Utara (KLU) merupakan salah satu faktor penyebab masyarakat ikut berpolitik praktis dalam memilih seorang pemimpin. Demikian disampaikan ketua Bawaslu KLU Adi Purmanto SE, Senin (21/10).

“Ada banyak faktor politik praktis ini muncul, salah satunya adalah mahalnya biaya politik,”ungkapnya.

Menurut Adi, yang paling rentan ikut dalam politik praktis ini ada dari sejumlah kalangan diantaranya ASN, TNI dan Polri. Kalangan ini bisa dengan mudah memanfaatkan jabatannya mempengaruhi masyarakat untuk memilih dan memenangkan salah satu calon pemimpin.

“Tapi alhamdulilah di KLU agak jarang terjadi politik-politik seperti ini, berkaca seperti tahun lalu,”katanya.

Adi mengatakan, guna mengatasi dan mencegah oknum-oknum yang ikut dalam politik praktis ini tentu membutuhkan peran serta seluruh pihak, baik itu masyarakat, media untuk ikut mengawasi, terlebih tahun depan di KLU akan ikut kontestasi politik pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Di pileg dan pilpres kemarin memang banyak kasus yang kita tangani, tapi peran serta masyarakat ini yang saya rasa agak kurang, karena banyak kita temukan masyarakat ini tidak berani melaporkan,” tukasnya.

Oleh sebab itu, ke depan pada Pilkades serentak maupun pilkada, Bawaslu KLU akan lebih memperketat pengawasan supaya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini bisa disempitkan ruang geraknya dan tidak ada celah untuk ikut berpolitik praktis.

Baca Juga:

“Di Pilkades dan pilkada mendatang kita akan perketat lagi pengawasan, maka dari itu kita minta kepada semua pihak untuk segera melaporkan jika ada menemukan indikasi-indikasi pelanggaran agar kita bisa menindak dan kita pun bisa mendapatkan sosok pemimpin yang benar-benar berintegritas,”pungkasnya.

(Eza)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here