Foto : Ribuan warga saat mencari cacing laut (Nyale) di Pantai Seger Lombok Tengah. (dok. kanalntb.com)

LOMBOK TENGAH, kanalntb.com – Puncak kegiatan Bau Nyale yang menjadi tradisi tahunan masyarakat Lombok Tengah diprediksi akan dilaksanakan tanggal 7-8 Maret 2018.

“Puncak Bau Nyale akan jatuh tanggal 7-8 Maret 2018,” ujar salah satu mangku dari empat penjuru mata angin, Mamiq Bayan.

Untuk itu, pada tanggal tersebut nanti masyarakat Loteng maupun mancanegara akan tumpah ruah di pantai Seger.

“Seperti tradisi yang sejak dulu kita laksanakan dan diwariskan oleh para leluhur kita, bahwa pesta Bau Nyale dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 10 bulan 10 kalender Sasak,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muh Putria mengamini prediksi Mamiq Bayan, kalau puncak Bau Nyale akan jatuh tanggal 7-8 Maret 2018. Tapi, semua itu nanti tergantung hasil Sangkep Warige yang dilakukan oleh sejumlah pemangku termasuk empat penjuru mata angin beserta tokoh masyarakat lainnya.

“Rencananya kita akan gelar Sangke Warige Kamis (4/1) di Pantai Seger,” terangnya.

Namun, yang pasti puncak pelaksanaan tradisi Bau Nyale itu akan dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 10 bulan 10 kalender Sasak.

“Hasil Sangkep Warige itu pula nantinya akan disampaikan ke Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya.

Pelaksanaan agenda tahunan ini pula telah masuk dalam kalender nasional yang merupakan gawe masyarakat Sasak untuk melaksanakan ritual mengenang kembali kisah Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut karena direbut oleh beberapa orang pemuda saat itu.

Kemudian, tindakan Putri Mandalika tersebut sangat adil karena jelmaannya justru dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam wujud cacing laut yang dikenal masyarakat pulau Lombok dengan sebutan “Nyale” hingga saat ini. (k5)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here