BPK Beri Opini WTP ke Laporan Keuangan Pemprov NTB 2018
Foto: Suasana Paripuran DPRD NTB terkait laporan keuangan Pemprov NTB tahun 2018.(KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemprov NTB tahun 2018. Merupakan raihan delapan kali berturut-turut bagi Provinsi NTB. Meski begitu, ada catatan-catatan yang diberikan BPK.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas laporan keuangan NTB tahun 2018, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan, maka BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemprov NTB,” kata Auditorat Utama Keuangan Negara VI, Dori Santosa di gedung Paripurna DPRD NTB, Jl Udayana, Mataram, Kamis (23/5/2019).

Atas opini WTP ini, Dori mengatakan NTB telah mempertahankan opini WTP sebagaimana pada 2017. Prestasi ini, menurutnya, juga harus menjadi momentum untuk mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah.

Namun, meski mendapat predikat WTP, BPK memberikan catatan terkait permasalahan kelemahan sistem pengendalian internal dan ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan. Tapi, menurutnya, catatan tersebut tidak mempengaruhi kewajaran opini.

Catatan tersebut antara lain terkait pengalihan kewenangan aset dari kabupaten dan kota ke provinsi yang belum seluruhnya diinventarisasi, pengelolaan rekening, Kesalahan klasifikasi 15 opd dan BLUD, Terlambat pemencahan SKPD, Kekurangan volume paket pekerjaan tiga OPD.

Di tempat yang sama, Gubernur Zulkieflimansyah mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh stake holder terkait, karena selama ini telah berinteraksi secara konstruktif dan positif dengan BPK. Tak lupa Doktor Zul juga mengucapkan terimakasih atas penilaian WTP delapan kali berturut-turut bagi pemerintah Provinsi NTB.

Baca Juga:

“Dengan diraihnya WTP ini bukan berarti kita tidak ada masalah, Alhamdulillah kembali kita dapat penghargaan, mudah-mudahan ini menjadi hadiah kami di bulan ramadhan, Insyallah kami akan terus berbuat lebih baik lagi di tahun mendatang,” ujarnya.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here