Bawaslu KLU Temukan Dua Balon Kepala Daerah Sosialisasi di Tempat Ibadah
Foto: Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto. (KANALNTB.COM)

Lombok Utara, KanalNTB.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lombok Utara (KLU) menemukan dua Bakal Calon (Balon) kepala daerah (Kada) yang akan mengikuti kontestasi politik Pilkada memanfaatkan tempat ibadah untuk mensosialisasikan diri. Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu KLU, Adi Purmanto SE.

Purmanto mengatakan, pekan kemarin dua balon ditemukan sedang melakukan sosialisasi di masjid. Tim kecamatan menemukan bakal calon Djohan Sjamsu di salah satu masjid Desa Sokong, sedangkan bakal calon Najmul Akhyar ditemukan melakukan sosialisasi di masjid wilayah Kayangan.
Lucunya kedua tim bersangkutan saling melaporkan tentang pelanggaran yang notabene sama sama mereka lakukan.

“Parahnya diantara tim mereka saling melaporkan kepada kami. Namun tetap kami beri himbauan untuk tidak melakukan itu. Pengawasan seperti ini sudah kami lakukan sejak tahapan dimulai,” sambungnya.

Dijelaskan, dalam tahapan sekarang ini Bawaslu masih mentolerir dengan memberikan arahan dan imbauan. Namun ketika sudah masuk tahapan kampanye nanti itu jelas ditindak. Pihaknya memperingatkan untuk jangan coba-coba ketika sudah masuk tahapan kampanye para balon berkampanye di tempat ibadah.

“Kita juga sudah menyampaikan imbauan kepada takmir masjid untuk tak membiarkan para balon maupun tim-tim balon mamanfaatkan masjid terutama sebagai ruang sosialisasi,” jelasnya.

“Kalau besok pasti kami akan tindak tegas. Karena ini jelas tidak boleh,” tandasnya.

Menyangkut temuan selama ini, pihaknya mengaku masih dalam pemeriksaan. Temuan mengarah pada pemanggilan terhadap ketua tim sukses balon dari Najmul Akhyar karena salah seorang oknum yang menjadi ketua Baznas Lombok Utara masuk dalam struktur tim pemenangan.

“Pihak tim mengaku mereka tidak mengetahui oknum itu pejabat di baznas sehingga kita hanya mengeluarkan rekomendasi ke pihak baznas provinsi,” bebernya.

Dari tim Djohan Sjamsu bukannya bersih, pihaknya juga melakukan pemeriksaan dan saat ini sedang dalam kajian setelah Panwascam menemukan oknum ASN hadir dalam peresmian posko di wilayah Gangga.


Baca Juga:


“Laporan sudah masuk, kita sedang dalami karena ada di posko JODA kemarin,” pungkasnya.


Penulis: Eza ; Editor: hmn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here