Bapenda Lotim Capai Pendapatan Memuaskan di Sektor Retribusi Pasar dan Toko
Foto: Ilustrasi pajak dan retribusi. (Ilustrasi oleh kanalntb.com)

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Timur (Lotim) genjot pendapatan daerah dengan giat intensif terjun lapangan. Cara ini diklaim sukses mendongkrak pendapatan daerah. Dibandingkan dengan tahun lalu, ada peningkatan mencapai 100 persen untuk retribusi pasar dan penyewaan toko.

“Untuk retribusi pasar dan sewa toko peningkatannya sampai 100 persen. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pendapatan dari sana hanya Rp 2 milyar,” ujar Kepala Bapenda Lotim, Slamet Alimin, Selasa (6/8).

Peningkatan ini, katanya, tidak lepas dari giat intensif yang dilakukan pihaknya. Seperti pendampingan dan pendataan yang langsung terjun ke lapangan.

“Jadi kita tahu kalau sebelumnya ada kebocoran di retribusi pasar ini,” jelas Slamet.

“Sekarang kita sampai Rp4 milyar. Padahal, sekarang Perda Bupati menurunkan harga tersebut sampai 30 persen. Logikanya seharusnya kami mendapat lebih sedikit,” sambung pria yang pernah menjabat sebagai camat Sakra ini.

Jadi penerimaan PAD, sambungnya, khususnya yang dikelola Bapenda dari semua objek pajak secara akumulatif masih dibawah 50 persen. Namun jika dilihat per item ada yang melampaui 50 persen.

Baca Juga:

Slamet menjelaskan, Lotim sebagai daerah yang terdampak bencana gempa tahun lalu, berdampak pada pendapatan daerah. Terutama dari sektor pariwisata dan Pajak Bumi dan Bangunan.

(dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here