Asyik... 65 Anggota DPRD NTB Reses, Dibekali Anggaran Rp 5,6 Miliar Mataram, KanalNTB.com - Program reses anggota dewan kembali tiba. Termasuerbekalk 65 anggota DPRD Provinsi NTB menggelar masa reses dengan anggaran mencapai Rp5,6 miliar lebih. Masa reses ini merupakan bentuk penyerapan anggota dewan terhadap aspirasi di wilayah konstituen mereka. Sekretaris Dewan (Sekwan) Mahdi mengatakan, untuk menjaring aspirasi dari para konstituen di wilayah pemilihannya, 65 anggota dewan kini tengah menggelar reses. Agenda reses ini dilaksanakan selasa (12/02/2020) sampai Rabu (19/02/2020). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya dilakukan selama lima hari kerja. Agenda reses telah diatur dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam Pasal 161 Huruf I, J, K disebutkan bahwa anggota DPRD mempunyai beberapa kewajiban, seperti menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.
Foto: Ilustrasi

Mataram, KanalNTB.com – Program reses anggota dewan kembali tiba. Termasuk bekal 65 anggota DPRD Provinsi NTB menggelar masa reses dengan anggaran mencapai Rp5,6 miliar lebih. Masa reses ini merupakan bentuk penyerapan anggota dewan terhadap aspirasi di wilayah konstituen mereka.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Mahdi mengatakan, untuk menjaring aspirasi dari para konstituen di wilayah pemilihannya, 65 anggota dewan kini tengah menggelar reses. Agenda reses ini dilaksanakan selasa (12/02/2020) sampai Rabu (19/02/2020). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya dilakukan selama lima hari kerja.

Agenda reses telah diatur dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam Pasal 161 Huruf I, J, K disebutkan bahwa anggota DPRD mempunyai beberapa kewajiban, seperti menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.

“Reses anggota DPRD NTB selama delapan hari ,” katanya Jumat (14/02).

Reses ini digelar selama delapan hari kerja dengan anggaran sebesar Rp 87 juta untuk setiap anggota dewan atau sebesar Rp 5.655.000.000 untuk seluruh anggota DPRD NTB, berjumlah 65 anggota.

Anggaran tersebut, lanjut dia diperuntukkan untuk tunjangan kegiatan reses dan uang saku dewan.

“Sedangkan uang saku yang dimaksud dinamakan tunjangan reses. Untuk 1 orang anggota 15 juta satu kali reses. dan setelah potong pajak 15% menjadi 12.750.000 untuk 1 kali reses. Sesuai dengan pergub. Dihitung 1 kali reses bukan jumlah titiknya,” ungkapnya

Ia merincikan, uang sebesar Rp72 juta itu merupakan uang tunjangan kegiatan reses untuk delapan titik kegiatan atau Rp 9 juta per satu titik.

“Untuk tunjangan kegiatan reses persatu titik 9 juta belum dipotong pajak. Satu kali reses ada 8 titik,” terangnya.

Baca Juga:

Setelah digelar reses, para anggota dewan ini harus membuat laporan tertulis kepada pimpinan DPRD dan kepada sekretaris dewan (Sekwan).

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here