Akhirnya Jalur Pendakian Dibuka Besok Pagi, Hanya Sampai Pelawangan
Pendaki Puncak Rinjani. (Foto: ist)

LOMBOK TIMUR, KANALNTB.COM – Jalur pendakian Gunung Rinjani ditetapkan dibuka resmi mulai besok, Jum’at (14/6). Hal tersebut disampaikan kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono, Kamis (13/6).

“Pendakian ke Gunung Rinjani akan kita buka mulai nesok pagi, Jum’at 14 Juni 2019,” terang Sudiyono.

Sebelumnya wacana pembukaan pendakian hunung Rinjani akan dibuka bulan kemarin, Mei, tetapi selalu ada kendala. Survey dan pendataan pun sudah dilakukan tim. Hal tersebut dilakukan pasca musibah gempa Lombok yang sudah hampir 9 bulan.

Adapun jalur yang dibuka lanjut Sudiyono yakni Sembalun Lombok Timur, Senaru Lombok Utara, dan Aik Berik Lombok Tengah, Timba Nuh Lombok Timur.

Sutiyono juga menjelaskan, masing-masing titik jalur diberi batasan kuota. Dengan rincian; Senaru dan Sembalin masing-masing 150 orang perhari. Kemudian untuk Aik Berik dan Timba Nuh, masing-masing 100 orang perhari.

Lebih jauh, setelah dilakukan survey sebelumnya, pihak TNGR tidak memperkenankan pendaki sampai danau Segara Anak dan ke puncak.

“Hal tersebut demi keamanan. Kita hanya buka sampai Pelawangan,” tambahnya.

Peresmian pembukaan pendakian sendiri besok akan dibuka oleh Dirjen KSDAE via online. Pusat acara berlokasi di Sembalun.

Baca Juga:

Adapun tiket pendakian bisa dipesan dan diakses melalui E Rinjani dengan mengunduhnya di playstore.

(dex)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here