4 Politisi Golkar Berebut Ketua DPRD NTB
Foto: (dari kiri) Misbach Muliadi, Umar Said, Isvie Rupaeda, Achmad Fuaddi FT. KANALNTB.COM)

MATARAM, KANALNTB.COM – Empat orang politisi Partai Golkar bersaing memperebutkan kursi menjadi Ketua DPRD NTB periode 2019-2024 dari partainya.

Lima orang yang memperebutkan posisi Ketua DPRD NTB itu adalah Isvie Rupaeda, Misbach Muliadi, Achmad Fuaddi FT, Umar Said.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, Golkar berhak atas jatah kursi Kedua DPRD NTB 2019-2024 karena mendominasi 10 kursi dari total 65 kursi Dewan. Sedangkan Gerindra berada di posisi kedua dengan memperoleh 9 kursi dan mampu membentuk fraksi tersendiri, sehingga berhak atas jatah Wakil Ketua DPRD NTB.

Sementatara PPP yang berada di posisi ketiga dengan 7 kursi, juga mampu membentuk fraksi tersendiri sehingga berhak kebagian jatah Wakil Ketua DPRD NTB 2019-2024. Demikian pula PKS, yang berada di peringkat empat dengan perolehan 7 kursi, bisa membentuk fraksi secara mandiri untuk merebut jatah Wakil Ketua DPRD NTB 2019-2024.

Demokrat dengan 6 kursi, PKB dengan 6 kursi, PAN dengan 5 kursi, Nasdem dengan 5 kursi, dan PDIP dengan 4 kursi, juga mampu membentuk fraksi sendiri, tapi tidak berhak dapat jatah Wakil Ketua DPRD NTB 2019-2024.

Sebaliknya, tiga parpol lagi harus berkoalisi untuk membentuk Fraksi Gabungan DPRD NTB, karena kursinya minim, yakni Berkarya (2 kursi), Hanura (1 kursi), dan PBB (2 kursi). Ketiga parpol gurem ini tidak berhak dapat jatah Wakil Ketua DPRD NTB 2019-2024.

Di internal Golkar, Baiq Isvie Rupaedah,Misbach Muliadi, Achmad Fuaddi, dan Umar Said disebut-sebut bersaing berebut kursi Ketua DPRD NTB 2014-2019. Kematnya merupakan caleg DPRD dari Golkar Dapil NTB 3, NTB 1, NTB 7, dan NTB 8 yang sama-sama lolos ke kursi legislatif.

Isvie adalah politisi asal Selong Lombok Timur kini menjabat Ketua DPRD Bali 2014-2019, selain juga jadi Sekretaris DPD I Golkar NTB. Politisi perempuan satu satunya ini lolos ke DPRD NTB dengan perolehan 18.634 suara. 

Misbach Muliadi adalah politisi asal Kota Mataram. Misbach lolos ke DPRD NTB Dapil NTB 1 hasil Pileg 2019 dengan 7.593 suara. Saat ini, Misbach Muliadi pegang posisi Ketua Harian DPD I Golkar NTB. 

Achmad Fuaddi adalah Politisi asal Lombok Tengah. Fuad lolos ke DPRD NTB Dapil NTB 7 hasli Pileg 2019 dengan 22.386 suara. Saat ini, Fuad pegang Jabatan Ketua DPRD Lombok Tengah.

Umar Said adalah Politisi asal Lombok Barat. Umar lolos ke DPRD NTB dapil NTB 2 hasil Pileg 2019 dengan 20.124 suara. Umar Said diperhitunkan juga karen pernah menjabat Ketua DPRD NTB beberapa tahun kemudian diganti Isvie Rupaedah karena perintah partai.

Dalam perebutan kursi Ketua DPRD NTB 2019-2024 dari Fraksi Golkar, Isvie Rupaeda punya peluang besar untuk terpilih kembali menjadi karena posisinya selaku Sekretaris DPD I Golkar Bali. Pasalnya, dialah kader Golkar dengan jabatan tertinggi di struktur partai yang lolos DPRD NTB.

Dikonfirmasi kanalntb.com terpisah, Rabu kemarin, Isvie tidak mau membahas masalah jatah Wakil Ketua DPRD Bali. Alasannya, masih menunggu penetapan calon terpilih oleh KPU NTB. “InsyaAllah, kalau perintah partai saya siap,” ujar Isvie

Umar Said, menuturkan tidak terlalu memikirkan posisi Ketua DPRD NTB. Namun hanya memastikan saja dirinya tetap bisa terpilij kembali sebagai dewan lagi. “Saya tidak pikirkan itu dulu. Saya yang terpenting kursi saya aman,” kata Umar.

Baca Juga

Sebaliknya, Misbach Mulyadi mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada partai terkait perebutan kursi Pimpinan DPRD NTB di internal Golkar ini. “Kita serahkan Partai, kalau ada perintah Iya harus,” ujar vokalis Golkar ini.

(pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here