MATARAM, KANALNTB.COM – Sebanyak 8 calon komisioner KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalani tahapan fit and proper tes atau uji kepatutan dan kelayakan. Mereka dites langsung oleh 2 orang tim penguji dari Anggota KPU RI yaitu Hasyim Asy’ari dan Viryan di Hotel Astoria, Kota Mataram, Senin (14/1).

Kedua calon wajah lama ialah Suhardi Soud, Yan Marli. Sementara, wajah baru yang telah lolos tes wawancara dan kesehatan dan akan mengikuti fit and proper test ialah Agus Hilman, Moh. Saleh, Syamsuddin, Rohini Hasmi, Rusdiyanto, Zuriati.

Ke-8 nama didominasi para komisioner KPU kabupaten/kota se-NTB baik yang masih aktif.

Sekretaris KPU Provinsi NTB Mars Ansori Wijaya menjelaskan bahwa pelaksanaan fit and proper tes merupakan tahapan seleksi terakhir yang harus dilalui oleh Calon Anggota KPU.

Dijelaskan pula bahwa fit and proper tes bertujuan untuk menggali informasi mengenai kemampuan, komitmen dan kredibilitas Calon Anggota KPU.

Hasil fit and proper tes ini nantinya akan dijadikan salah satu instrumen penilaian untuk menetapkan ranking masing-masing Calon Anggota KPU Privinsi NTB.

“Jadi KPU RI akan menetapkan ramgking 1 sampai rangking 8, dimana rangking 1-5 akan dilantik menjadi Anggota KPU Provinsi NTB, sedangkan sisanya yaitu rangking 6-8 akan menjadi daftar tunggu yang mengganti Anggota KPU yang sudah dilantik, jika yang bersangkutan berhalangan tetap,” jelas Mars Ansori Wijaya.

Mengenai kapan akan diumumkan dan dilantik, Mars Ansori mengatakan pengumuman ranking biasanya sehari sebelum pelantikan, dan itu semua ditentukan dan diproses oleh KPU RI.

“Hanya saja perlu diketahui bahwa Anggota KPU Provinsi NTB periode 2014-2019 akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 22 Januari 2019, sehingga dapat dipastikan Anggota KPU Provinsi NTB periode 2019-2024 akan dilantik paling lambat tanggal 23 Januari 2019,” jelas Mars Ansori Wijaya.

Terpisah, salah satu calon komisioner KPU NTB, Yan Marli mengatakan bahwa dirinya baru saja menjalani fit and propert tes. Dirinya ditanya soal teknis saja.

” Biasa saja tentan teknis-teknis pemilu,” katanya singkat

Adapun 8 nama yang menjalani fit and proper tes yaitu Agus Hilman (Tim Ahli DPR RI), Moh. Saleh (Ketua KPU Kab. Lombok Timur), Rohini Hasmi (swasta), Rusdiyanto (Ketua KPU Kab. Dompu), Suhardi Soud (Anggota KPU Prov. NTB), Syamsuddin (swasta), Yan Marli (Anggota KPU Prov. NTB) dan Zuriati (Anggota KPU Kab. Bima). (Pur)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here