MATARAM, KANALNTB.COM -Pengetahuan tentang dunia jurnalistik dan sistematika penulisan karya ilmiah sangat penting ditanamkan kepada generasi muda di era milenial seperti saat ini. Berdasarkan hal inilah SMA Negeri 6 Mataram (Smansix) mengadakan pelatihan jurnalistik dan penulisan karya ilmiah bagi siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik dan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja, Jum’at (11/01/2019).

Pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Smansix. Adapun tema yang diambil dalam kegiatan pelatihan tersebut adalah “Mengembangkan Potensi Menulis Siswa dalam Media Online”.

Foto bersama dengan peserta pelatihan Jurnalistik. (Foto: kanalntb.com/ist)

Hamdi Al Gazali, S.Pd Pembina ekstrakurikuler Jurnalistik menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan kepada para siswa sejak dini untuk mengetahui bagaimana dasar dalam pembuatan karya jurnalistik dan karya ilmiah remaja selain itu juga untuk menumbuhkan minat siswa dalam hal tulis menulis.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mengajarkan kepada siswa-siswi tentang dasar-dasar jurnalistik dan sistematika penulisan karya ilmiah,” jelasnya.

Pelatihan yang diikuti oleh 30 siswa tersebut
menghadirkan pemateri Ahmad Efendi, M.Si Dosen Jurusan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan Purnawarman wartawan media online KanalNTB.com

Dalam penyampaiannya Ahmad Efendi, M.Si menjelaskan tentang cara menulis opini, pemilihan topik dan sistematika penulisan karya ilmiah. Sedangkan Purnawarman memaparkan jenis-jenis berita, sistematika penulisan berita kemudian dilanjutkan praktik penulisan berita di media online.

Hasil akhir yang diharapkan dari pelatihan ini nantinya agar para siswa dapat membuat berita dengan baik sesuai dengan kaidah yang ada, juga diharapkan mereka dapat menjadi citizen jurnalis (jurnalis warga) yang memberitakan kegiatan ekskul, kegiatan sekolah di website sekolahnya dan media online lainnya serta mereka dapat menulis karya ilmiah yang siap untuk diikutkan dalam perlombaan. (Yopi)

5
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here