LOMBOK UTARA, KANALNTB.COM – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus berupaya melakukan percepatan proses rehab-rekon rumah warga pasca gempa. Anggarannya melalui dana stimulan yang gelontorkan pemerintah pusat.

Kali ini, salah satu upaya pemda mempercepat pembanguan tersebut adalah dengan melakukan peletakan batu pertama pembangunan ratusan unit Rumah Instan Kayu (RIKA) di Dusun Gol, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, jumat (11/1).

Bupati KLU H Najmul Akhyar memerintahkan kepada semua desa agar bisa mendorong masyarakatnya dalam proses percepatan pembanguan ini. Sebab, dalam percepatan pembangunan rehab/rekon pasca gempa ini sejatinya berada di tangan masyarakat.

“Mari kita berlomba-lomba untuk membentuk pokmas dan membangun hunian tetap,” katanya.

Guna mempercepat pembangunan bantuan rumah ini, sambung Najmul, pemda juga sudah menelurkan suatu program. Yakni dimana, pada setiap hari Jum’at diharuskan ada peletakan batu pertama di setiap kecamatan. Hal itu sebagai momentum untuk memberikan semangat kepada masyarakat.

“Jadi disetiap hari Jum’at kita akan upayakan ada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Medana H Umar Halid menjelaskan, di desa Medana sudah terbentuk sebanyak 11 pokmas. 11 Pokmas ini lanjutnya terdiri dari 131 anggota masyarakat.

“Sementara ini, 10 unit Rika sudah terbangun dan sisanya akan dilakukan peletakan batu pertama oleh pak Bupati,” jelasnya.

H Umar mengatakan, dari dana stimulan yang di gelontorkan pemerintah pihaknya mengaku bahwa pilihan masyarakat terhadap jenis hunian yang akan dibangun itu bervariasi mulai Riko, Risba hingga Rika.

“Tapi yang paling banyak itu Rika,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada peletakan batu pertama pembangunan rumah hunian tetap (Huntap) ini rencananya akan dibangun sebanyak 111 unit Rika.(Eza)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here